Waspada Bencana Musim Penghujan, DPUBM Malang Gercep Atasi Laporan Warga

Malang, PONTAS.ID- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang melalui Dinas PU Bina Marga (DPUBM) telah menyiapkan sejumlah langkah kesiapsiagaan dalam mengantisipasi musim penghujan ini, disamping juga menangani infrastruktur jalan dan jembatan juga memberikan pelayanan  terhadap bangunan pelengkap dan fasilitas jalan. Menjelang musim penghujan ini, DPUBM secara intensif melakukan monitor dan pengecekan pohon di tepi jalan di seluruh wilayah Kabupaten Malang.
Tentu saja untuk menjangkau seluruh wilayah yang ada, Fendi Sujatmiko, selaku Sekretaris Dinas menjelaskan bahwa strategi yg digunakan adalah dua arah, tidak cukup hanya melalui pengecekan oleh anggota personil dinas yang ada. “Namun kita juga harus melibatkan masyarakat untuk berperan aktif memberikan info atau laporan terkait pohon di tepi jalan,” katanya.
Juga terkadang, lanjutnya melalui info yang berasal dari lintas sektoral seperti halnya Dinas Perhubungan (Dishub), Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo), Polres Malang melalui program curhat Jum’at dan Dinas yang lainnya, Selasa (21/11/2023).
“Musim penghujan memang identik dengan potensi musibah yang diakibatkan curah hujan yang lebat disertai angin kencang, sehingga banyak potensi pohon dipinggir jalan yang tumbang,” ujarnya.
Karena pihaknya melakukan antisipasi pemangkasan pohon-pohon tepi jalan yang disinyalir membahayakan masyarakat. Namun tidak semua pohon langsung dipangkas begitu saja, sebab pohon yang rawan tumbang biasanya yang sudah berumur tua atau pohon yang tampak kuat ternyata dalamnya sudah keropos.
Lanjut Fendi, sebagai contoh kapan hari ada informasi dari Sekretaris Dishub atas laporan salah satu warga, yang menghimbau kepada para pengguna jalan umum yang melewati daerah Mondoroko, diharapkan berhati-hati, karena terdapat pohon yang terlihat akan roboh di depan SMKN 1 Singosari, di depan halte Mondoroko.
“Diharap hati-hati, ini sudah mau roboh,” ungkap warga tersebut dengan memberikan foto dan video kondisi pohon yang sudah keropos tersebut. Dengan kepedulian warga seperti itu untuk memberikan informasi, DPUBM memberikan respon yang cepat melakukan eksekusi pada hari itu juga.  Tim Fasilitas Jalan (Fasjal) gercep melakukan tugasnya demi keselamatan dan kenyamanan masyarakat khususnya pengguna jalan.
Penulis: Bagus Yudistira
Editor : Fajar Virgyawan Cahya
Previous articleSambangi Warga Berkebutuhan Khusus, Bupati Tapsel Berikan Bantuan
Next articleKetua MPR Dorong Pengembangan Leader-preneurship

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here