Tingkatkan Layanan, Perum Tirta Kanjuruhan Luncurkan ‘MyTirta’

Perumda Tirta Kanjuruhan Kabupaten Malang meluncurkan layanan berbasis aplikasi 'My Tirta' yang dapat diunduh di google playstore //Foto: PONTAS.id

Malang, PONTAS.ID – Perumda Tirta Kanjuruhan Kabupaten Malang terus berbenah dan meningkatkan kualitas pelayanannya bagi pelanggan yang saat ini telah lebih dari 145.000.

Beberapa inovasi mulai diterapkan untuk memberikan kemudahan bagi pelanggan, diantaranya adalah pemanfaatan berbasis aplikasi seperti My Tirta kanjuruhan, yang dapat diunduh di google playstore.

“Keberhasilan dan raihan kinerja Perumda Tirta Kanjuruhan setiap tahunnya tidak terlepas dari kerjasama, kolaborasi lintas sector baik vertikal maupun horisontal,” kata Direktur Utama Perumda, Syamsul Hadi kepada wartawan,saat acara HUT Ke 43 Perumda Tirta Kanjuruhan, Jumat (7/6/2024).

“Salah satunya adalah kerjasama yang dijalin dengan perbankan, dengan fokus untuk mempermudah pelayanan kepada pelanggan, sehingga dengan adanya kerjasama ini, pelayanan kepada masyarakat bisa dipercepat dan dipermudah.” tambah Syamsul.

Selain aplikasi, website dan medsos disediakan untuk memudahkan pelayanan. Dengan harapan keluhan pelanggan dapat teratasi sesegera mungkin. Kedepannya, Perumda akan terus memperluas pelayanan penyediaan air bersih ke masyarakat di Kabupaten Malang.

“Terlebih, kapasitas sumber air yang setiap musim kemarau mengalami penyusutan. “oleh karena itu, langkah kami membangun beberapa SPAM (Sistem Penyediaan Air Minum),“ lanjutnya.

Sebagai contoh, SPAM di Malang Selatan melayani kecamatan Gedangan dan Sumbermanjing Wetan (Sumawe), yang rencananya akan diresmikan di bulan Agustus 2024 depan. Kemudian tahun depan, ada pembangunan lagi di empat kecamatan, antara lain Kalipare, Donomulyo, Pagak dan Batur.

“Di bagian utara dan barat, kami lakukan beberapa optimalisasi, seperti di Wendit, kami upayakan tahun ini atau tahun depan mampu menambahan kapasitas” ujar Syamsul.

Sehingga nantinya mampu melayani kecamatan Pakis, Lawang dan Singosari. Sedangkan selanjutnya akan dilaksanakan pemanfaatan Sumber Gentong untuk melayani Pakis dan Tumpang.

Sementara di waktu yang sama, Bupati Malang H.M. Sanusi menyampaikan. di tengah tentangan perubahan iklim global, Perumda Tirta Kanjuruhan juga harus mempersiapkan diri dengan berbagai permasalahan dan risiko yang ditimbulkan.

“Di antaranya seperti penurunan debit air baku, pemeliharaan dan peremajaan infrastruktur SPAM, serta capaian target air minum yang masih belum mencapai 100 persen,” tutupnya.

Penulis: Bagus Yudistira
Editor: Pahala Simanjuntak

Previous articleJaga Soliditas, Kajati Jawa Barat Sambangi Forkopimda
Next articleTersandung Korupsi Pasar Cigasong, Jaksa akan Panggil Arsan Latif

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here