Kasus Kerumunan Petamburan, Kapolda Keluarkan Perintah Tangkap

Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Fadil Imran

Jakarta, PONTAS.ID – Polisi menetapkan Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) M Rizieq Shihab sebagai tersangka kasus kerumunan di Petamburan saat acara pernikahan putrinya, November lalu.

“Terhadap para tersangka, penyidik Polda Metro Jaya akan melakukan penangkapan,” kata Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Fadil Imran di Mapolda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Kamis (10/12/2020).

Kasus kerumunan massa Rizieq di Petamburan telah naik ke tingkat penyidikan sejak beberapa waktu lalu. Kepolisian menduga ada unsur pidana terkait Pasal 160 KUHP dan atau Pasal 93 Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan dan Pasal 216 KUHP.

Selain Rizieq, Polisi juga menetapkan Panglima Laskar Pembela Islam (LPI) Maman Suryadi dan Penanggung Jawab Acara Sobhri Lubis sebagai tersangka dalam perkara kerumunan di Petamburan.

“Dari hasil gelar perkara ada enam orang ditetapkan tersangka. Penyelenggara acara Rizieq Shihab (MRS), panitia HU, Sekretaris Panitia A, MS sebagai penanggung jawab keamanan, SL selaku penanggung jawab acara, dan HI selaku kepala seksi acara,” kata Kadiv Humas Polri Irjen Pol Argo Yuwono.

Kepolisian juga telah melakukan pencekalan terhadap para tersangka, termasuk Rizieq untuk 20 hari ke depan.

Surat pencekalan ke luar negeri itu telah dikirimkan ke pihak Ditjen Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM. “Penyidik sudah membuat surat pencekalan yang pertama kepada Muhammad Rizieq Shihab kepada Ditjen Imigrasi Kemenkumham dalam waktu 20 hari,” ujar Argo.

Protes Polisi
Ichwan Tuankotta, Tim hukum Front Pembela Islam (FPI) mengaku keberatan atas penetapan Rizieq Shihab sebagai tersangka dalam kasus kerumunan di Petamburan, Jakarta Pusat, awal November lalu.

“Kita merasa keberatan dan pihak kepolisian tak menjunjung keadilan dan kebenaran dalam proses ini,” kata Ichwan kepada wartawan siang tadi.

Ichwan mempertanyakan dasar yang digunakan Polisi menetapkan Rizieq sebagai tersangka, lantaran belum pernah menjalani pemeriksaan.

Sebagai informasi, Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya telah melakukan gelar perkara terkait kerumunan massa di acara pernikahan putri Rizieq Shihab, di Petamburan, Jakarta.

Gelar perkara dilakukan untuk menentukan tindak lanjut dari proses penyidikan kasus kerumunan massa, termasuk, kemungkinan penetapan tersangka dalam kasus ini.

Sebelumnya, Rizieq juga sudah dua kali absen pemanggilan polisi untuk dimintai keterangannya soal kasus kerumunan tersebut.

Penulis: Armando Manalu
Editor: Pahala Simanjuntak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here