22 Mei PNS dan Pegawai BUMN Tetap Masuk Seperti Biasa

Ilustrasi aparatur sipil negara (ASN)

Jakarta, PONTAS.ID – Tanggal 22 Mei 2020 merupakan cuti bersama sebelum hari raya Idul Fitri 2020. Tapi itu tidak berlaku bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) atau PNS maupun pegawai Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Pemerintah menetapkan pada 22 Mei 2020 bukan cuti bersama untuk PNS maupun BUMN. Itu artinya Jumat besok PNS dan pegawai BUMN tidak libur.

“Tadi rapat yang juga singkat menetapkan tanggal 22 Mei tahun 2020 bukan hari cuti bersama untuk ASN dan pegawai BUMN, itu saja,” kata Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy, Rabu (20/5/2020).

Muhadjir menegaskan, seluruh ASN dan pegawai BUMN pada 22 Mei 2020 tetap masuk seperti biasa. Untuk cuti bersama akan dipindah ke tanggal yang lain.

Dia juga menegaskan untuk hari cuti bersama dalam rangka hari raya Idul Fitri tahun ini masih tetap. Tanggalnya dipindahkan ke 28, 29, 30, dan 31 Desember 2020.

Namun pemerintah juga membuka opsi untuk merevisi pergeseran tanggal cuti bersama.

Pandemi virus Corona atau COVID-19 membuat pemerintah menggeser jauh cuti bersama hari raya Idul Fitri 2020. Pemerintah sebelumnya sudah menetapkan cuti bersama Lebaran dipindahkan ke 28, 29, 30, dan 31 Desember 2020.

Namun, saat ini pemerintah membuka opsi untuk memajukan deretan cuti bersama Lebaran 2020.

Muhadjir mengatakan pemerintah akan melakukan pengkajian ulang untuk menetapkan cuti bersama Lebaran 2020 pada akhir Juni mendatang.

“Bapak Presiden beri catatan nanti pada akhir Juni akan diadakan pengkajian ulang kalau memang COVID-19 sudah turun, sudah tidak lagi mengancam,” tuturnya.

Pemerintah akan mempertimbangkan hal itu jika kondisi wabah COVID-19 sudah berangsur membaik. Jika itu benar terjadi kemungkinan hari cuti bersama Lebaran akan dipindahkan ke Juli yang berdekatan dengan Idul Adha.

“Sangat dimungkinkan untuk memajukan cuti bersama berhimpitan dengan Idul Adha yaitu 31 Juli 2020, bisa sebelum atau setelah,” tuturnya.

Penulis: Luki Herdian

Editor: Pahala Simanjuntak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here