KAI Layani Pengiriman Barang Mulai Rp 200/Kg Jelang Lebaran

KAI Layani Pengiriman Barang
KAI Layani Pengiriman Barang

Jakarta, PONTAS.ID – PT Kereta Api Indonesia (Persero) menyiapkan layanan perjalanan Kereta Api Luar Biasa (KLB) untuk membantu masyarakat mengirimkan barang ke berbagai tujuan di Pulau Jawa menjelang Hari Raya Idul Fitri.

Inisiatif ini merupakan respons perseroan agar tetap memberikan layanan yang optimal di tengah larangan mudik yang dikeluarkan pemerintah untuk memutus rantai penyebaran COVID-19.

Layanan KLB ini akan mengangkut kiriman barang untuk berbagai segmen, mulai dari UMKM hingga perusahaan besar dengan biaya yang menarik. Misalnya, pengiriman barang untuk relasi Madiun-Surabaya hanya Rp 200 per kg, Jakarta-Surabaya Rp 1.500 per kg. Adapun untuk setiap barang yang diangkut dikenakan tarif minimal 5 kg.

“Kami berharap layanan ini dapat membantu masyarakat berbagi kebahagiaan dengan handai taulan di kampung halaman di hari kemenangan, meskipun tidak dapat bertemu secara fisik,” ungkap VP Public Relations KAI, Joni Martinus dalam keterangannya, Kamis (21/5/2020).

Pada layanan ini, KAI menyiapkan gerbong bagasi berkapasitas 20 ton agar masyarakat dapat mengirimkan barang dalam berbagai ukuran dengan mudah. Adapun stasiun yang melayani angkutan barang menggunakan KLB adalah Stasiun Jakarta Kota, Cirebon, Semarang Tawang, Purwokerto, Yogyakarta, Solo Balapan, Madiun, dan Surabaya Pasarturi.

“Tujuannya agar semakin banyak barang yang didistribusikan dengan kereta api, di mana angkutan barang dengan kereta api memiliki keunggulan berupa aman, tepat waktu, dan efisien,” jelas Joni.

Masyarakat dapat mempercayakan pengiriman barangnya seperti dokumen, paket, produk industri, produk UMKM, e-commerce, makanan, sayur mayur, sepeda, motor, dan lain-lain kepada KAI. Sejak dibuka 12 Mei lalu, sudah 25 ton barang yang dikirimkan masyarakat melalui KLB hingga 19 Mei.

Rute yang menjadi favorit pengiriman adalah Jakarta-Surabaya dengan volume barang kiriman mencapai 12.742 kg. Pada periode tersebut masyarakat sudah mengirimkan paket, makanan olahan, sepeda, motor, dan barang-barang lainnya menggunakan kereta api. Dalam pelayanan angkutan barang menggunakan KLB ini KAI tetap menerapkan protokol pencegahan penyebaran COVID-19.

KAI membekali petugas dan ruang kerja dengan masker, sarung tangan, hand sanitizer, thermo gun, dan wastafel portable sehingga kebersihan tetap terjaga.

“Kami juga secara rutin melakukan penyemprotan disinfektan pada barang-barang hantaran di stasiun keberangkatan dan kedatangan. Di samping itu penyemprotan juga dilakukan pada kantor/loket ekspeditur di stasiun, terminal, gerbong barang, dan gudang,” terang Joni.

Untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat, Joni memastikan layanan angkutan barang menggunakan KLB tersebut buka setiap hari.

“Meskipun ada cuti bersama dan libur Lebaran, KAI berkomitmen untuk tetap melayani angkutan barang melalui KLB,” tuturnya.

Untuk informasi lebih lanjut tentang angkutan barang melalui KLB, masyarakat dapat menghubungi (021) 121, email cs@kai.id, atau media sosial @KAI121.

Penulis: Luki Herdian

Editor: Pahala Simanjuntak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here