Imbas BBM Naik, Harga Cabai di Pasar Tradisional Jakarta Tembus 90 Ribu Per/Kg

Jakarta, PONTAS.ID – lima hari setelah pemerintah mengumumkan kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM), harga kebutuhan bahan pokok di Pasar Tradisional DKI Jakarta kini ikut merangkak naik.

Lonjakan harga paling signifikan terjadi pada komoditas cabai, baik rawit maupun merah. Pantauan PONTAS.id, Kamis (8/9/22) di Pasar Tradisional Klender SS, harga cabai merah keriting yang sebelumnya hanya Rp 70 ribu/Kg, kini menjadi Rp 85 ribu perkilonya. Sedangkan cabai rawit merah yang sebelumnya hanya Rp 60 ribu/kg, kini menyentuh Rp 90/kg.

“Telur juga ada kenaikan yang tadinya sebelum BBM naik hanya 28.000/Kg sempat naik menjadi 31 ribu perkilo. Namun sekarang agak turun sedikit jadi 30.000/kg. Jadi, di Pasar ini sebenarnya yang mengalami kenaikan hanya di telur dan cabai,” beber Kepala Pasar Klender SS, Diaptra Gadjah Mada saat ditemui PONTAS.id di ruang kerjanya.

Meski demikian, Mada sapaan akrabnya menjelaskan komoditas lainnya seperti bawang merah, bawang putih, telur ayam, daging sapi, daging ayam, dan beras terpantau stabil di Pasar Klender SS.

Ia menyebutkan Daging sapi masih di angka 15O ribu perkilonya, sedangkan daging ayam 40 ribu/ekor. Selanjutnya, bawang merah Rp 40 ribu/Kg sampai hari ini. Begitupun bawang putih yang masih berada di kisaran 35 ribu/kg.

“Sebagai pengelola Pasar Klender SS khususnya, kita hanya bisa berharap kepada pemerintah agar bisa menjaga kestabilan harga bahan pokok. Kemarin itu kan sempat minyak goreng curah gila-gilaan naiknya. Namun dengan adanya subsidi dari pemerintah dan kebijakan yang strategis akhirnya hingga detik ini minyak goreng pun masih stabil,” pungkasnya

 

Penulis: Rahmat Mauliady

Editor: Fajar Virgiawan Cahya

Previous articleTransaksi QRIS Tak Laku di Pasar Rakyat, Ini Alasannya!
Next articleBahas PPHN, Fraksi Golkar MPR Gelar FGD

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here