Parah! Begini Cara Pemprov DKI Persulit Warga Urus Pindah KTP

Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan

Jakarta, PONTAS.ID – Penghuni Rumah Susun di DKI Jakarta tampaknya harus lebih sabar mengurus perpindahan alamat dari tempat asal ke alamat Rusun di Ibu Kota.

Padahal, Direktorat Jenderal (Ditjen) Dukcapil Kementerian Dalam Negeri beberapa waktu lalu kembali telah menegur Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil DKI Jakarta agar tidak menambah persyaratan tambahan.

“Sebagai penghuni rusun kami diwajibkan pindah alamat KTP ke alamat Rusun. Ternyata, untuk mendapatkan Surat Rekomendasi dari UPRS (Unit Pengelola Rumah Susun), kami juga diminta untuk menghadap RT/RW mendapatkan Surat Keterangan,” keluh warga yang meminta namanya tidak dicantumkan kepada PONTAS.id beberapa waktu lalu.

Permasalahan semakin rumit lanjut Warga, saat menemui Ketua RT diping-pong ke Sekretaris RT.

Sesampainya di Sekretaris RT, warga kemudian diminta menyerahkan Surat Pindah dari Kelurahan asal.

“Kepingan e-KTP saya juga harus sudah dibolong-bolongi, kata Sekretaris RT. Kalau tidak, pengurus RT tidak akan menerbitkan Surat Keterangan. Masak pengurus RT sudah lebih-lebih dari Gubernur!” pungkas warga.

Namun, hingga berita ini dipublikasikan, Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (PRKP), Sarjoko tak kunjung menanggapi pertanyaan PONTAS.id yang dikirimkan melalui aplikasi perpesanan WhatsApp.

Sebelumnya, Dirjen Dukcapil Kemendagri, Zudan Arif Fakrulloh mengakui masih banyak Disdukcapil yang menambah-nambah segudang syarat mengurus dokumen kependudukan.

Untuk itu, Dirjen Dukcapil sebagai penanggung jawab akhir pelayanan Adminduk telah mengobservasi, “Kita terjunkan tim yang menanggalkan identitas mereka menyamar sebagai pemohon untuk melihat kondisi nyata pelayanan di lapangan,” kata Zudan, pada Minggu (5/9/2021) lalu.

Penulis: Rahmat Mauliady
Editor: Pahala Simanjuntak

Previous articleTNI Lebih Responsif dan Siap dengan Tantangan-tantangan Baru ke Depan
Next articlePKB Dukung Pemindahan Ibukota Baru di Kaltim

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here