Tak Layak Konsumsi, Sudin KPKP Jaktim Musnahkan 99,44 Kg Jeroan

Jakarta, PONTAS.ID – Petugas Sudin Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian (KPKP) Jakarta Timur memusnahkan 99,44 Kg organ hewan kurban yang tidak layak konsumsi pada, Selasa (20/7/2021).

“Hari pertama pemeriksaan daging kurban di 10 kecamatan, ditemukan ada 99,44 kilogram organ yang kirta musnahkan,” ungkap Kasudin KPKP Jakarta Timur, Yuli Absari, Rabu (21/7/2021).

“Karena kondisinya tidak layak konsumsi. Kita masih terus lakukan pemeriksaan di tempat-tempat pemotongan hewan kurban yang ada di masyarakat,” terang Yuli.

Yuli mengatakan, organ hewan kurban ini dinilai tidak layak untuk dikonsumsi setelah dilakukan pemeriksaan postmortem (sesaat setelah disembelih) di 120 lokasi pemotongan hewan kurban.

Pemusnahan dilakukan dengan cara direndam di dalam ember yang berisi cairan zat kimia. Kemudian organ berupa jeroan ini dikubur bersama dengan jeroan lainnya yang tidak bisa dikonsumsi manusia.

“Pemusnahan organ ini dilakukan untuk memberikan keamanan dan kenyamanan warga yang menikmati daging kurban di wilayah Jakarta Timur,” bebernya.

Dia memaparkan, 99,44 kilogram organ yang dmusnahkan itu terdiri dari jantung 1,40 Kg, paru 21,75 Kg, hati 75,29 Kg dan limpa 1 Kg.

“Seluruh organ ini dimusnahkan karena ada yang mengandung cacing hati, radang paru dan ada juga karena terjadi infeksi atau ada pembengkakan,” beber Yuli.

Saat hari pertama Iduladha 1442 H, jelas Yuli, pihaknya melakukan pemeriksaan dan pengawasan di 120 lokasi dengan jumlah hewan kurban sebanyak 2.721 ekor, terdiri dari 765 sapi, 1.741 kambing dan 215 domba.

Penulis: Rahmat Mauliady
Editor: Pahala Simanjuntak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here