Genjot Kewirausahaan di Jakarta Timur, Begini Strategi Sudin PPKUKM

Kasudin PPKUKM Jakarta Timur, Parulian Tampubolon

Jakarta, PONTAS.ID – Kepala Suku Dinas (Kasudin) PPKUKM Jakarta Timur, Parulian Tampubolon saat ini terus menggenjot pemasaran produk UKM di pusat-pusat perbelanjaan maupun pasar swalayan. Upaya ini salah satunya dilakukan dengan kurasi atau memasarkan produk UKM yang telah memenuhi persyaratan untuk diedarkan.

“Kita terus lakukan pembenahan bagi UKM di Jakarta Timur melalui kurasi produk ke pasar swalayan maupun pusat perbelanjaan,” kata Parulian saat ditemui PONTAS.id di ruangannya, Selasa (16/11/2021).

Saat pandemi, Suku Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (Sudin PPKUKM) Jakarta Timur, lanjut Parulian selalu memantau aktivitas UKM. “Kita pantau terus, karena bagaimanapun pandemi berdampak langsung bagi pelaku usaha termasuk UKM,” bebernya.

Parulian juga menyarankan bagi UKM maupun IKM yang belum menjadi binaan Sudin PPKUKM Jakarta Timur untuk mengurus perizinan usaha melalui Sistem Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik atau OSS (Online Single Submission) yang dapat diakses secara daring di www.oss.go.id yang dikelola oleh Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).

Menurutnya, dengan mengurus perijinan melalui OSS, Sudin PPKUKM Jakarta Timur akan lebih mudah melakukan pendataan serta pembinaan UKM.

“Kita akan lakukan pembinaan baik untuk hal-hal teknis pengelolaan usaha sampai kepada pemasaran. Tentunya sesuai dengan aturan yang berlaku terkait dengan UKM,” bebernya.

Bagi badan usaha maupun perorangan yang ingin mengembangkan potensi usaha di Jakarta dengan kemandirian dan keterampilan, Parulian mengimbau agar mendaftarkan ke Jakpreneur yang dapat diakses melalui laman https://jakpreneur.jakarta.go.id

“Jakpreneur membuka banyak akses untuk lebih mudah mengembangkan usahanya. Dengan begini semua orang dapat memiliki keterampilan berwirausaha dan berkesempatan untuk meraih suksesnya masing-masing,” pungkasnya.

Penulis: Pahala Simanjuntak
Editor: Rahmat Mauliady

Previous articleSoal ASN Kementan Foto Bareng Ketum Parpol, DPR: Sebaiknya Jaga Integritas
Next articleTerima Pengurus Koperasi Indonesia Sejahtera, Bamsoet Dorong Digitalisasi UMKM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here