Sambut Obor Asian Games, Wakapolda: Lampung Kondusif

Lampung, PONTAS.ID – Provinsi Lampung siap menyambut Torch Relay atau Kirab Obor Asian Games 2018, yang dijadwalkan besok, 8 Agustus 2018, akan melintasi daerah dengan semboyan ‘Sai Bumi Ruwa Jurai’ mulai dari Mesuji hingga ke Bakauheni sebelum diseberangkan menuju Merak, Banten.

“Warga Provinsi Lampung siap dan sudah tidak sabar menyambut Kirab Obor Asian Games 2018. Demikian juga dengan kondisi keamanan yang sedari awal sudah cukup kondusif kita yakini akan membuat acara penyambutan semakin meriah,” kata Wakapolda Lampung Brigjen Pol. Angesta Romano Yoyol, saat berbincang dengan wartawan di Mapolda Lampung, Selasa (7/8/2018) siang.

Dijelaskan Angesta, selain dari sisi pengamanan, 30 ribuan pelajar dari berbagai sekolah termasuk mahasiswa dari kota Bandar Lampung akan turun ke jalan menyambut obor yang menjadi simbol pesta olahraga Asia tersebut.

“Hingga saat ini, dari pantauan jajaran Polda Lampung, tidak ada peristiwa-peristiwa yang menonjol yang berpotensi mengganggu jalannya acara. Terlebih, kondusifitas Provinsi Lampung semakin hari semakin membaik. Kita harapkan kondisi ini bisa dipertahankan ke depan,” kata Wakapolda menutup.

Dalam kesempatan yang sama, Karo Ops Polda Lampung Kombes Pol. Yosi Hariyoso, mengungkapkan, berbagai langkah pengamanan yang selama ini dilakukan pihaknya, memberikan dampak positif terhadap kondisi keamanan wilayah.

“Pada dasarnya, kondisi keamanan jajaran Polda Lampung relatif aman, jauh sebelum rencana obor Asian Games dijadwalkan melintasi Lampung. Mudah-mudahan acara Kirab Obor Asian Games besok dapat berlangsung aman dan meriah,” terang Yosi.

Selain itu, Yosi menambahkan, Polda Lampung juga telah mempersiapkan segala sesuatunya untuk mengantarkan obor Asian Games menuju Merak, Banten melalui pelabuhan penyeberangan Bakauheni.

“Untuk kapal yang akan membawa obor Asian Games di pelabuhan Bakauheni juga telah kita siapkan,” pungkasnya.

Sebagai informasi, Kirab Obor Api Asian Games 2018 telah melintasi sejumlah daerah di seluruh Indonesia dan dijadwalkan tiba di Kota Bandar Lampung, besok, Rabu, (8/8/2018).

Sementara itu, Asian Games 2018 diadakan di Jakarta dan Palembang akan digelar pada 18 Agustus sampai dengan 2 September 2018, bakal diikuti 45 negara dan akan mempertandingkan 463 nomor pertandingan dari 40 cabang olahraga.

Penulis: Pahala Simanjuntak
Editor Hendrik JS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here