Pasca Bentrok, Pangdam dan Kapolda Sambangi Register 45 Mesuji

Mesuji, PONTAS.ID – Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Irwan bersama Kapolda Lampung Irjen Pol Purwadi Arianto meninjau lokasi terjadinya bentrokan massa di Kabupaten Mesuji pada Rabu (17/7/2019) lalu. Selain itu, keduanya juga mengunjungi rumah korban terdampak bentrok yang menewaskan empat orang tersebut.

Kapolda mengatakan, bentrok tersebut telah menorehkan catatan tidak baik untuk Mesuji, “Ini posisi yang kurang menguntungkan untuk pembangunan wilayah Mesuji. Tentunya permasalahan yang ada, negara sudah hadir,” ujar Kapolda.

Dia juga menegaskan, penegakan hukum untuk kasus ini terus berjalan. Pihaknya dalam waktu dekat akan mengumumkan pelaku bentrok tersebut dan siapa saja yang sudah diamankan. Tapi untuk saat ini yang utama adalah menjaga situasi kondusif.

“Kami mengimbau kepada masyarakat untuk ikut berpartisipasi mengajak situasi aman dan kondusif,” kata Kapolda.

Sementara itu, Pangdam juga menambahkan, pihaknya pihaknya telah melakukan pendekatan persuasif kepada para pihak yang berseteru. “Kami di sini mengimbau kepada keluarga untuk bersabar, dan mereka sudah menahan diri untuk tidak melakukan hal yang melawan hukum,” kata Pangdam.

Pangdam juga memastikan telah mengerahkan ratusan personel gabungan TNI-Polri untuk melakukan langkah-langkah antisipasi agar tidak ada upaya balas dendam.

“Saya minta masyarakat saling menahan diri dan saling menjaga bahwa permasalahan ini tengah ditangani oleh penegak hukum. TNI akan tetap membantu polisi dalam upaya penegakan hukum,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Plt. Bupati Mesuji, Saply TH juga mengusulkan agar Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan agar dapat membatu mencarikan solusi yang baik terkait lahan Register 45 tersebut untuk menghindari bentrokan susulan.

“Karena Mesuji ini adalah kawasan yang damai. Dan lahan Register 45 ini merupakan kewenangan Kementerian Kementerian LHK. Jadi memang harus ditangani secara permanen,” kata Saply.

Penulis: Aan Setiawan
Editor: Pahala Simanjuntak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here