Survei LSI Denny JA: Jokowi Paling Berperan di Asian Games 2018

Jakarta, PONTAS.ID – Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) dinilai sebagai orang yang paling berperan dibalik kesuksesan gelaran Asian Games 2018, dibandingkan Ketua INASGOC (Indonesia Asian Games 2018 Organizing Committee), Erick Thohir atau Kapolri Jenderal Tito Karnavian.

Demikian hasil survei terbaru yang dilakukan oleh Lingkaran Survei Indonesia (LSI) pimpinan Denny JA. Survei ini sengaja dilakukan dalam rangka mengetahui hal-hal yang memungkinkan mempengaruhi dinamika dukungan terhadap pasangan calon presiden – calon wakil presiden (capres-cawapres) di Pemilu Presiden (Pilpres) 2019 yang akan datang.

Menurut Peneliti LSI Denny JA, Ardian Sopa, masyarakat Indonesia yang mendengar penyelenggaraan Asian Games 2018 sebanyak 85,1 persen. Dan 96,5 persen diantaranya menyukai penyelenggaraaan Asian Games 2018. Dan sebanyak 88,7 persen menyatakan bahwa penyelenggaraan Asian Games 2018 sukses.

“Ketika ditanyakan siapakah tokoh yang paling berperan dalam kesuksesan penyelenggaraan Asian Games, paling tinggi sebanyak 44,3 persen menyatakan Jokowi. Peringkat kedua Erick Thohir sebesar 20 persen, kemudian Tito Karnavian sebanyak 9,1 persen,” kata Ardian dalam konferensi pers di Kantor LSI, Jakarta Timur, Kamis (27/9/2018).

Kemudian dibawahnya, sambung Ardian, terdapat Whisnutama sebesar 2,7 persen, dan gabungan tokoh lainnya sebanyak 3,6 persen. Dan ada 20,3 persen responden yang menyatakan tidak tahu/tidak menjawab.

“Jokowi dianggap paling berperan dalam kesuksesan penyelenggaraan Asian Games 2018. Dan hal tersebut menambah sentimen positif, dimana efek lebih mendukung (Jokowi di Pilpres 2019) jauh lebih besar, dibandingkan efek semakin kurang mendukung,” ujarnya.

Yang menyatakan lebih mendukung Jokowi di Pilpres 2019, lanjut Ardian, sebesar 36,4 persen. Kemudian yang lebih tidak mendukung hanya 2,1 persen, yang menyatakan sama saja sebesar 41,8 persen, dan yang menyatakan tidak tahu atau tidak menjawab sebesar 19,7 persen.

“Jokowi dianggap paling berperan dalam Asian Games berhubungan dengan jumlah medali yang diraih Indonesia, dimana menjadi yang tertinggi dalam sejarah Asian Games. Erick Thohir dianggap paling berperan dalam Asian Games berhubungan dengan kesuksesan membuat Asian Games populer dan disukai publik,” ucap Ardian.

Sementara itu, Tito Karnavian dianggap berperan dalam Asian Games berhubungan dengan kesuksesan dalam memberikan rasa aman kepada ribuan atlet manca negara dan warga negara Indonesia selama berlangsungnya Asian Games 2018 kemarin.

Untuk diketahui, survei ini dilakukan di tanggal 14-22 September 2018 melalui face to face interview menggunakan kuesioner. Survei menggunakan metode multistage random sampling dengan 1200 responden dan margin of error sebesar +/- 2,9 persen.

Survei dilaksanakan di 34 propinsi di Indonesia. LSI Denny JA juga melengkapi survei dengan penelitian kualitatif dengan metode analisis media, FGD, dan in depth interview. Survei ini pun dibiayai sendiri oleh LSI Denny JA.

Editor: Risman Septian

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here