Ribuan Jemaah Hadiri Haul Ke 44 KH Salim Maruf

ADVERTORIAL

Kabupaten Banjar, PONTAS.ID – Ribuan jemaah mengikuti haul KH Salim Maruf ke 44 di kubahnya Jalan Kertak Baru, Desa Pekauman Dalam, Kecamatan Martapura Timur, Kabupaten Banjar, Selasa (27/9/2022) malam.

Peringatan haul diawali dengan pembacaan surah Yasin kemudian shalawat dalail dan burdah Syeih Semman.

Kisah hidup Salim maruf dibacakan oleh salah satu cucu almarhum Guru Itqon. Menurutnya, Salim maruf lahir di Kampung Keramat tahun 1913. Dikenal sebagai seorang petani, muazin di mesjid dan seseorang yang sangat mencintai ulama.

Pendidikan agama diperoleh dari orang tua, dan beberapa tuan guru, diantaranya Guru Kaspul Anwar, KH Abdurrahman, KH Zainal Ilmi dan Abdul Hamid. Sejak kecil almarhum sudah diketahui alimnya oleh sang guru.

Banyak ilmu yang dikuasainya, diantaranya Tafsir Alquran dan logika. Mengajar agama dengan dakwah di langgar dan pondok pesantren Darussalam. Kesehariannya penuh dengan ilmu, amal dan kemaslahatan umat  Islam.

Pada 1942 berniaga ke Pontianak dan menetap disana. Namun tahun 1945 kembali ke Martapura untuk mengajar kembali di Ponpes Darussalam. Sedangkan 1969 diamanahi sebagai kepala pondok pesantren Darussalam.

Sedangkan pada 1973 fisiknya mulai menurun hingga wafat subuh Kamis 1 Februari 1978. Almarhum meninggalkan 7 anak, salah satunya KH Khalilurrahman yang menjadi Bupati satu periode.

Peringatan haul di isi dengan tausyiah yang disampaikan Ustadz Ilham Khumaidi. Kepada jemaah disampaikan bagaimana menggunakan usia, harta dan ilmu yang dimiliki, selama mengarungi kehidupan di dunia.

Cucu almarhum lainnya, Iqbal Khalilurrahman sampaikan terima kasihnya kepada jemaah yang hadir pada peringatan haul dengan jumlah yang begitu banyak.

“Inilah Martapura, setiap kegiatan haul pasti banyak jemaahnya, haul siapapun itu, apalagi pandemi Covid yang sudah melandai saat ini,” ucapnya.

Iqbal juga mendoakan agar jemaah mendapatkan keberkahan, dan bisa tauladan sifat dan perilaku almarhum. Kepada ratusan relawan dari berbagai kesatuan Iqbal juga mengucapkan terima kasih karena membantu terlaksana haul kakeknya.

Penulis : Muhammad Amin

Editor : Fajar Virgyawan Cahya

Previous articlePantau Proyek Sekumpul dan Air Santri, Bupati Banjar dan Anggota DPR Gowes Bareng
Next articlePeringati Harbunas, Bupati Indramayu Katakan Hal ini!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here