Sehari, 9 Rumah di Dua Kecamatan di Banjar Luluh Lantak Dilalap Api

6 rumah warga Desa Mekar Kecamatan Martapura Timur, dilalap si jago merah

Kabupaten Banjar, PONTAS.ID – Dalam sehari, 9 unit rumah di dua kecamatan di Kabupaten Banjar luluh lantak akibat dilalap si jago merah.

Kebakaran pertama terjadi di Jalan Syech Arsyad Al Banjari RT 001, Desa Kalampaian Ulu, Kecamatan Astambul, dan menghanguskan 3 rumah warga setempat.

Kepala UPT Damkar Pemkab Banjar, Gusti Yudhi, membeberkan, kebakaran terjadi pada Senin (3/5/2021) sekitar pukul 05.40 WITA. Bangunan rumah terbuat dari material kayu membuat api cepat merembet hingga menghanguskan 3 rumah milik warga.

“Kami sempat mengalami kesulitan menjangkau titik api lantaran rumah terbakar berada dilorong sempit dan tidak bisa dilalui fire truk milik kami. Personil terpaksa berjibaku memadamkan api menggunakan mesin pemadam portable. Beruntung, sumber air tidak jauh hingga api bisa cepat di lokalisir,” terang dia.

Dibeberkan Gusti, berselang beberapa jam dihari yang sama, kebakaran juga terjadi di desa Mekar Kecamatan Martapura Timur hingga menghanguskan 6 unit rumah milik warga setempat.

“Kurang dari 3 jam berselang kobaran api kembali melalap 6 rumah di desa dan kecamatan sebelahnya. Api cepat merembet kebangunan lain lantaran material bangunan juga dari kayu,” bebernya.

Gusti menerangkan, akibat kebakaran di 2 kecamatan di Kabupaten Banjar ini sedikitnya belasan jiwa kehilangan tempat tinggal.

“Untuk penyebab kebakaran dan nilai kerugian 9 bangunan rumah warga ini belum diketahui lantaran masih dalam penyelidikan aparat kepolisian,” tutup dia.

Penulis: Mohammad Apriani

Editor: Riana

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here