Bupati Malang Cek Kesiapan Rumah Isoman Desa Jatirejoyoso Kepanjen

keterangan gambar. Bupati Malang H.M Sanusi (Baju putih bertopi) saat menerima bantuan sembako dan beras dari kelompok masyarakat Srimaya Foundition

Malang, PONTAS.ID – Bupati Malang mengecek dan memastikan kesiapan rumah Isolasi Mandiri di setiap Kecamatan se Kabupaten Malang dengan katagori ringan. Hal ini sejalan dengan digalakkan penerapan tracing, testing dan treatment pada masyarakat berdapat juga peningkatan angka positif masyarakat yang terpapar.

Menurut Bupati Malang M Sanusi, demi mengantisipasi meningkatnya angka terkonfirmasi positif covid 19, Pemkab Malang telah menyediakan rumah Isoman yang ada di setiap Kecamatan.

“Karena setiap hari terus berkembang penambahan angka terkonfirmasi positif covid 19 yang saat ini mencapai angka 300 an, saya berharap rumah Isoman segera berfungsi agar bisa pasien covid tidak harus ke RS, karena RS saat sudah penuh, jadi rumah isoman menjadi tempat untuk merawat pasien dengan katagori ringan, untuk yang berat saya anjurkan langsung di rujuk ke Rumah Sakit,” kata H.M Sanusi saat mengecek kesiapan Rumah Isolasi di Desa Jatirejoyoso Kecamatan Kepanjen Malang, Rabu pagi (21/7/21).

Pemkab Malang menyediakan 30 sampai 50 tempat tidur di setiap Kecamatan untuk rumah Isoman. “Untuk di Desa Jatirejoyoso Kepanjen ini tersedia 50 tempat tidur yang siap di fungsikan. Saat ini di rumah isolasi ini terdapat 4 pasien katagori ringan yang berada di dalam ruangan. Nantinya di setiap Kecamatan se Kabupaten Malang sudah tersedia rumah isoman dengan kapasitas tempat tidur sesuai kemampuan kita,” jelas Sanusi.

Sanusi melanjutkan, saat ini RS penuh, ditambah tenaga medis dan tenaga kesehatan banyak yang terpapar.

“Jadi keberadaan rumah Isoman sangat diharapkan menjadi solusi yang tepat di lakukan, di tengah angka positif cukup tinggi di tambah ketersedian kapasitas ruang RS yang mulai tipis,” imbuh Sanusi.

Terkait pelaksanaan PPKM darurat yang rencananya di perpanjang sampai tanggal 25 Juli nanti, Bupati Malang akan mengikuti kebijakan Pemerintah Pusat.

“Saya tetap akan mengikuti segala kebijakan dari Pemerintah Pusat, mungkin aturannya sama dengan yang kemaren. Apapun keputusan Pemerintah Pusat tentang PPKM darurat ini, kami yang di dearah siap mengikuti,” beber Sanusi.

Sanusi minta pada masyarakat untuk tetap mematuhui protokol kesahatan, Jadi saya berharap jangan lupa memakai masker dan sering cuci tangan karena itu kunci untuk mencegah dan mengurangi penyebaran virus corona ini,” tutup Bupati Malang H.M Sanusi.

Usai mengecek kesiapan rumah Isoman di Desa Jatirejoyoso ini, Bupati Malang menerima bantuan dari kelompok masyarakat ( Srimaya Foundition) berupa 250 paket yang berisi sembako, susu dan masker untuk 163 rumah Isoman yang ada di Kecamatan Kepanjen.

 

 

Penulis: Achmad Soeseno
Editor: Rahmat Mauliady

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here