Marak IMB Bermasalah di Penjaringan, Satpol PP Salahkan CKTRP

Jakarta, PONTAS.ID – Meski bangunan di Jln. Gedong Panjang No.70 E-F, RT.01/06, Kelurahan Penjaringan, Jakarta Utara telah disegel karena melanggar Izin Mendirikan Bangunan (IMB), pemilik masih tetap melanjutkan pembangunan.

Bangunan yang disegel dengan banner IMB Nomor 399/C.37b/31.72.01.1001. 02.035.K.1/2/ -1.785.51/2020 itu, terpantau selain pekerjanya masih terus melanjutkan pembangunan juga material bangunan masih masuk ke dalam gedung bermasalah itu.

“Kami hanya bekerja disuruh bos yang punya bangunan ini. Perintahnya kepada kami agar terus bekerja, nanti ada orang yang mengurus,” ucap mandor bangunan, Khalim, saat ditemui PONTAS.id di lokasi, Senin (12/04/2021).

Terpisah, anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kelurahan Penjaringan, Indra mengaku kewenangan penindakan Peraturan Daerah (Perda) ada di Dinas Cipta Karya, Tata Ruang dan Pertanahan.

“Terkait penindakan kita tidak punya wewenang. Itu ranahnya CKTRP kecamatan. Kami hanya melaporkan ke tingkat kecamatan saja bila menemukan kesalahan terkait bangunan di lapangan,” kata Indra.

Hal ini dibenarkan Koordinator lapangan Satpol PP Kecamatan Penjaringan, Akhmad Yani, “Satpol-PP itu hanya penindak dan pengawasan itu semua di CKTRP,” kelitnya.

Satpol PP kata Akhmad hanya bisa menindak jika telah menerima rekomendasi teknis (Rekomtek) dan Surat Perintah Bongkar (SPB). “Kalau sudah turun baru langsung kita laksanakan. Terkait bangunan itu, silakan langsung konfirmasi ke CKTRP Kecamatan,” kata Akhmad.

Namun, hingga berita ini dipublikasikan, CKTRP Kecamatan Penjaringan belum memberikan tanggapan, “Semua pegawai CKTRP hari ini semua work from home (WFH). Silakan datang besok saja,” tutupnya.

Penulis: M. Abdi Nurroin /Heru Mindarto
Editor: Pahala Simanjuntak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here