Pembangunan Tahap Akhir Pasar Sumedang Malang Terancam Molor

Plt Kepala Dinas DPKPCK Kabupaten Malang Imam Suyono

Malang Raya, PONTAS.ID – Pembangunan Pasar Sumedang yang ditargetkan selesai di tahun ini terancam gagal, Pasalnya sejak tahun 2020 dan 2021 ada refocusing anggaran. Hal tersebut berimbas pada molornya penyerahan pasar sumedang ke Dinas Perindustrian Dan Perdagangan ( Disperindag ) Pasar Kabupaten Malang.

Plt Kepala Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Cipta Karya ( DPKPCK ) Kabupaten Malang, Imam SuyonoSuyono mengatakan bahwa rencananya dalam waktu dekat Pasar Sumedang akan di serah terimakan pada Dinas terkait, namun adanya Refocusing anggaran akan berpengaruh pada penyelesaian tahap akhir.

“Rencana Refocusing anggaran jika kembali terjadi dalam waktu dekat ini, akan berimbas pada molornya  pembangunan pasar Sumedang yang sudah memasuki rencana tahap akhir pembangunan,” kata Imam Suyono kepada Pontas.id di kantornya, Senin (15/3/2021).

Menurutnya, Proses pembangunan Pasar yang menghabiskan anggaran 40 milyar ini telah dijadwalkan selesai pembangunannya pada 2018 kemarin.

“Seharusnya pembangunan rampung pada 2018, namun saat itu sempat berhenti proses pembangunannya karena terdapat kenaikan harga sehingga volumenya turun, kemudian pada 2019 dilaksanakan alokasi anggaran dan 2020 terjadi refocusing anggaran, kemudian saat inipun juga kami harus menunggu hasil refocusing nanti seperti apa,” ujarnya.

Dijelaskannya, Untuk bangunan pokok pasar sumedang telah rampung tinggal bangunan pendukung, yakni pagar yang belum terealisasi karena adanya wacana refocusing anggaran.

“Walaupun sudah layak ditempati, yang namanya penyerahan pasti bangunan harus selesai seratus persen, karena pagar dan lahan parkir juga faktor utama yang nantinya mendukung keamanan dan kenyaman pedagang dan pengunjung pasar maka pembangunannya juga jadi pertimbangan dalam penyerahan kepada dinas terkait,” jelasnya.

Ia berharap walaupun ada Refocusing anggaran tapi penyelesaian pembangunan tahap akhir segera terealisasi, supaya para pedagang dapat memanfaatkan Pasar Sumendang.

“Kami sangat mengharapkan segera terealisasi penyelesaian pembangunan tahap akhir pasar sumedang di tengah adanya Refocusing anggaran tahun ini,” pungkasnya.

 

Penulis : Ones / Bagus.
Editor    : Agus Dwi Cahyono

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here