Ngeri! Mau Tinggal di Rusun Pesakih Wajib Setor 35 Juta

Jakarta, PONTAS.ID – Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) harus berpikir ulang untuk menghuni rumah susun sewa, (Rusun) Pesakih, Daan Mogot, Jakarta Barat. Pasalnya, untuk dapat menghuni unit di rusun itu wajib menyetorkan Rp.35 juta kepada oknum tertentu.

“Untuk bisa tinggal di rumah susun diharuskan bayar Rp.35 juta. Jadi syarat pertama setoran kita, bukan berapa penghasilan kita,” ungkap sumber PONTAS.id,  pada Rabu (14/10/2020) malam.

Keuntungan lain dengan menyetorkan sejumlah uang itu, lanjut sumber, pada saat perpanjangan kontrak juga akan dilakukan secara otomatis, “Jadi tak mudah untuk bisa tinggal di rusun Pesakih,” kata dia.

Hingga berita ini dipublikasikan, Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (PRKP) Pemprov DKI Jakarta belum menanggapi.

“Bapak Kadis dan Sekretaris Dinas sedang di Balai Kota, belum tahu kembali jam berapa ke kantor,” kata salah seorang petugas keamanan, Yasin kepada PONTAS.id, di Kantor Dinas PRKP, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Kamis (15/10/2020).

Sebelumnya, menanggapi banyaknya mobil mewah parkir di areal susun Pesakih, Kasubag Tata Usaha, Unit Pengelola Rumah Susun (UPRS) Pesakih, Ahmad Haerurrahim mengaku tidak berhak melarang penghuni membeli mobil.

“Awal masuk rusun, mereka belum punya mobil, namun setelah mereka kaya, barulah mereka membeli mobil. Masa saya larang mereka punya mobil, saya tidak ada hak mengusir mereka,” ucap dia saat ditemui PONTAS.id di ruangannya Kamis (8/10/2020)

Saat ini, lanjut Ahmad, semua calon penghuni rusun harus mendaftar melalui aplikasi Sirukim sebelum dilakukan verifikasi data, “Sebenarnya aplikasi Sirukim ini sudah lama, tapi baru satu bulan ini digunakan bagi siapa yang ingin menempati rusun,” terangnya.

Sebagai informasi, keberadaan Rusunawa merupakan Program Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk membenahi penduduk di Ibu Kota, khusunya masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

Penulis: Deddy Muttaqin
Editor: Pahala Simanjuntak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here