Dinas Lingkungan Hidup Pemkab Banjar Rusak Sawah, Walhi: Polisikan!

Kabupaten Banjar, PONTAS.ID – Direktur Eksekutif Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) Provinsi Kalimantan Selatan, Kisworo Dwi Cahyono menyesalkan pencemaran limbah di sawah milik warga desa Sungai Landas Kecamatan Karang Intan Kabupaten Banjar.

Pencemaran ini diketahui akibat TPA Cahaya Kencana Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Kabupaten Banjar.

“Sangat disesalkan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) setempat yang justru mencemari sawah warga,” sesal Kisworo Dwi Cahyono, melalui aplikasi perpesanan WhatsApp, Sabtu (19/9/2020).

Dikatakan pria berambut gondrong yang akrab disapa Kis ini, untuk kasus pencemaran sawah warga ini Bupati setempat harus turun tangan. Lebih lagi, bulan ini tepatnya Tanggal 24 September 2020 kita akan memperingati Hari Tani Nasional.

“Pemerintah harus serius membela dan memperhatikan petani sebagai pahlawan pangan,” kata Kis.

Parahnya, sambung Kis, pencemaran ini sudah berlangsung sejak tahun 2015 yang artinya sudah 5 tahun dan itu sangat lama. “Ini terkesan ada pembiaran dari pemerintah setempat, terlebih dinas terkait,” sebutnya.

Terlebih, dunia saat ini kata dia masih dalam momen World Cleanup Day 2020 yang berkaitan dengan lingkungan hidup. “Kan nggak lucu jadinya,” sindir Kis.

Dia menyarankan, pemilik sawah yang dicemari limbah tersebut untuk melaporkan kasus ini ke kepolisian setempat agar diproses hukum. “Laporkan ke polisi. Karena ini ada kerugian. Nanti siapa yang bertanggungjawab biar aparat yang melakukan penyelidikan,” saran Kis.

Sebelumnya diberitakan, Ketua Komisi 3 DPRD Banjar meninjau lokasi areal sawah milik warga RT 1 Desa Sungai Landas kecamatan Karang Intan Kabupaten Banjar mengalami pencemaran limbah yang diduga berasal dari TPA Cahaya Kencana.

Dugaan pencemaran limbah selama 5 tahun tersebut mengakibatkan lebih dari 10 hektar areal persawahan 30 anggota kelompok pertanian teluk bayur Desa Sungai Landas mengalami penurunan kualitas padi serta penurunan produktifitas hasil padi hingga 80 persen.

Penulis: M. Apriani
Editor: Pahala Simanjuntak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here