Perkim Gelar Uji Publik Awal Penyusunan Dokumen KLHS 2025-2045

Kabupaten Banjar, PONTAS.ID – Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) menjadi salah satu upaya untuk mengidentifikasi dampak atau resiko negatif terhadap lingkungan sebagai alternatif penyempurnaan rencana kebijakan.

Hal tersebut disampaikan Plh Sekda Banjar Ikhwansyah saat membuka Uji Publik Awal Penyusunan Dokumen KLHS, Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kabupaten Banjar tahun 2025-2045, di Q-Dafam Hotel Banjarbaru, Rabu (22/3/2023) pagi.

Ikhwansyah mengatakan, KLHS ini bertujuan untuk memastikan prinsip pembangunan berkelanjutan. Menjadi dasar yang sejalan dengan pembangunan suatu wilayah sesuai kebijakan rencana dan program agar lingkungan terjaga dengan baik.

“Pemkab Banjar melalui Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (Disperkim LH) melakukan penyusunan KLHS bersifat inklusif, partisipatif dan transparan melibatkan berbagai pihak,” katanya.

Ia berharap kepada seluruh peserta dapat memberikan saran dan gagasannya di konsultasi publik ini untuk berkolaborasi dan berkomitmen menciptakan pembangunan yang berkelanjutan yang lebih baik dan berdaya guna.

Kepala Disperkim LH Mursal menambahkan, KLHS mengintegrasikan aspek lingkungan, sosial, ekonomi, hukum dan tata kelola ke dalam strategi pembangunan berkelanjutan untuk menjamin keberlangsungan lingkungan hidup, keselamatan dan kesejahteraan generasi kini dan masa depan.

KLHS ini diikuti 70 peserta, terdiri dari SKPD, perguruan tinggi, LSM, tokoh masyarakat dan pengusaha. Sementara narasumber dari tim penyusun KLHS Universitas Lambung Mangkurat.

Penulis : Muhammad Amin

Editor Fajar Virgyawan Cahya

Previous articleRencana 2024, Bappeda Litbang Banjar Terima 2 Ribu Usulan Program Pembangunan
Next articleBertemu Para Pengusaha Korea, MPR Dorong Korindo Group Tingkatkan Investasi di Indonesia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here