Rencana 2024, Bappeda Litbang Banjar Terima 2 Ribu Usulan Program Pembangunan

Kabupaten Banjar, PONTAS.ID – Bupati Banjar H Saidi Mansyur berjanji mengejar ketertinggalan proyeksi pembangunan pada 2024. Tahun ini menjadi momentum setelah 2 tahun lebih mengalami keterlambatan sektor ekonomi akibat dampak pandemi Covid-19 serta dampak krisis ekonomi global.

Menurut Saidi Mansyur, ada lima poin penting yang menjadi dasar dalam penentuan program. Yakni, meningkatkan pembangunan ekonomi inklusif yang mampu mendorong pada pertumbuhan ekonomi makro dan kesejahteraan masyarakat.

Kemudian, meningkatkan pembangunan infrastruktur dan kewilayahan dalam upaya mendorong pertumbuhan ekonomi. Selanjutnya, pemenuhan pelayanan dasar dan pengelolaan lingkungan hidup serta penguatan karakter agamis dan kehidupan masyarakat yang demokratis.

“Kita masih mencermati isu strategis dan permasalahan yang masih menjadi kendala dan tantangan di Kabupaten Banjar pada 2024, tapi kita tetap mengejar ketertinggalan yang sempat terjadi,” kata Saidi Mansyur di sela pembukaan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) RKPD tahun 2024 di Hotel Rodhita Banjarbaru, Rabu (22/3/2023) pagi.

Kepala Bappedalitbang Banjar HM Riza Dauly menyebutkan, usulan dari berbagai desa yang diterima pihaknya sebanyak 2.985. Usulan tersebut menjadi salah satu bahan pemilihan lokasi bagi SKPD yang akan melaksanakan programnya.

“Seperti tahun sebelumnya usulan terkait Musrenbang ini memang lebih banyak pada infrastruktur khususnya pada pelayanan dasar dan konektivitas,” ungkap Riza.

Di Kesempatan tersebut dilakukan penyerahan buku Profil Pencapaian Pembangunan 2022 dan Penganugerahan Penilaian Evaluasi Kinerja Perangkat Daerah 2022 kategori badan atau dinas diantaranya Bappedalitbang, Disdukcapil dan Inspektorat. Sedangkan kategori kecamatan diantaranya Tatah Makmur, Beruntung Baru dan Astambul.

Penulis : Muhammad

Editor: Fajar Virgyawan Cahya

Previous articleGelar Pasar Murah, Pemkab Banjar Ringankan Warga Berpenghasilan Rendah
Next articlePerkim Gelar Uji Publik Awal Penyusunan Dokumen KLHS 2025-2045

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here