Lestarikan Manggrove di Sergai, Kapolda Gandeng Masyarakat

Sergai, PONTAS.ID – Kapoldasu Irjen Pol Agus Andrianto melaksanakan kegiatan Pencanangan Pemberdayaan Ekonomi Hutan Kemasyarakatan. Kapolda didampingi jajaran Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Poldasu) beserta ribuan masyarakat, di pesisir pantai Naga Jaya, Kecamatan Pantai Cermin, Jumat (20/9/2019) siang.

Kapolda juga melakukan peletakan batu pertama pembangunan pendopo Kusumo Gapoktan Naga Jaya dan menandatanganani prasasti.

“Tingkatkan kerukunan antar umat beragama dan mari bersama-sama mensejahterakan kelompok tani untuk kemajuan dan kemakmuran Petani di Indonesia,” kata Kapolda.

Dijelaskan Kapolda, kegiatan ini merupakan kerjasama antara Kepolisian dengan Kelompok Tani dalam rangka penanaman padi, penaburan benih ikan dan penanaman pohon yang bertujuan untuk membantu perekonomian masyarakat di Kabupaten Sergai.

Dengan diterimanya ijin pemanfaatan hutan oleh Gapoktan, lanjut Agus, agar benar-benar diberdayakan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat sehingga dapat menjadi contoh bagi kelompok tani lainnya.

“Mari kita bergandengan tangan untuk saling menjaga keutuhan NKRI di akhir usia kita,” jelas Kapoldasu.

Kapolda juga menyerahkan bantuan berupa Kambing, Genset dan sembako secara simbolis kepada warga desa Naga Kisar.

Dalam kesempatan tersebut, Sekda Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) Hadi Winarno pun mengucapkan terimakasih atas kehadiran Kapolda “Alhamdulillah situasi Kamtibmas di Sergai masih aman dan kondusif,dan ini tentunya tak terlepas dari perhatian bapak Kapolda,” kata dia.

Sementara iru, Ketua DPD PKB Pujakesuma Sergai, Sutrisno menjelaskan, tujuan penanaman pohon untuk memakmurkan kehutanan yang ada di Indonesia. “Direncanakan pemberdayaan hutan akan dilakukan melalui beberapa skema untuk meningkatkan ekonomi masyarakat,” katanya.

Acara diakhiri dengan Penandatanganan Komitmen Bersama, dalam rangka pemulihan dan perlindungan ekosistem di areal IUPHKM Gapoktan Naga Jaya seluas 261 Ha. Dilanjutkan dengan peninjauan pembangunan tempat ibadah di sekitar lokasi Pantai Naga Jaya.

Penulis: Andy Ebiet
Editor: Pahala Simanjuntak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here