Usut Kebakaran Kilang Pertamina, Mabes Polri Terjunkan Puslabfor

Kabareskrim Polri, Komjen Agus Andrianto

Jakarta, PONTAS.ID – Bareskrim Polri mengirimkan tim Pusat Laboratorium Forensik (Puslabfor) untuk melakukan olah TKP peristiwa kebakaran di kilang minyak milik PT Pertamina RU VI Balongan, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat (Jabar).

“Kapuslabfor dan tim kita turunkan untuk olah TKP,” ujar Kabareskrim Polri Komjen Agus Andrianto, Senin (29/3/2021).

Selain itu, Komjen Agus mengatakan pihaknya akan mencari penyebab pasti kebakaran kilang minyak itu. Sejauh ini, pihaknya kata Agus menduga kilang itu terbakar akibat sambaran petir,

“Kilang minyak di Indramayu terbakar diduga terkena sambaran petir. Saat ini kita sedang mencari penyebab kebakaran,” ucapnya.

Sementara itu, Kapolda Jawa Barat, Irjen Pol Ahmad Dofiri mengungkapkan, kebakaran diduga karena kebocoran atau pun rembesan kilang berdasarkan laporan saat menggelar pertemuan di Pendopo Pemkab Indramayu, bersama Bupati, TNI-Polri, Dinas Kesehatan (Dinkes), dan kepala desa.

“Sementara sih informasi yang kami terima itu ada rembesan atau kebocoran di kilang atau tangki itu sendiri. Jadi seperti itu infonya ada kebocoran atau rembesan dari tangki,” kata Dofiri.

Kondisi saat ini, lanjut Dofiri, api di kilang Pertamina sedikit meredup dan akan dilakukan pemadaman oleh petugas.

“Tapi sekarang kita sedang fokus dulu melokalisir api supaya tidak menjalar ke tangki-tangki yang lain, dan itu sudah bisa diatasi oleh pihak Pertamina. Jadi mudah-mudahan bisa mengecil apinya baru akan dilakukan pemadaman,” kata dia.

Aset Strategis
Sebagai informasi, Kilang Balongan merupakan yang keenam dari total tujuh yang dimiliki oleh Pertamina. Kilang ini berfungsi mengolah minyak mentah (crude oil) menjadi produk Bahan Bakar Minyak (BBM), non-BBM, dan petrokimia.

Berdasarkan luasan wilayah, operasional kilang yang beroperasi sejak 1994 itu, mencakup daerah Balongan, Mundu, dan Salam Darma. Kilang beroperasi dengan mengambil bahan baku minyak mentah dari Duri dan Minas di Riau.

Dengan kapasitas tersebut, peran Kilang Balongan menjadi strategia bagi bisnis Pertamina sekaligus pasokan minyak nasional.

Di sisi lain, Kilang Balongan merupakan salah satu kilang dengan teknologi yang relatif baru dengan produk Premium, Pertamax, Pertamax Plus, Solar, Pertamina DEX, Kerosene (minyak tanah), LPG, dan Propylene.

Penulis: Cartono
Editor: Riana Agustian

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here