Polisi Musnahkan Bom Mortir Temuan Nelayan Pantai Cermin

Sergai, PONTAS.ID – Tim Penjinak Bom (Jibom) Brimob Polda Sumatera Utara (Poldasu) berhasil meledakkan Bom Mortir buatan Inggris, di pinggiran obyek wisata bahari Theme Park di Pantai Cermin, Kamis (13/2/2020) siang.

Bom mortir dengan ukuran panjang 30 Cm dan diameter 10 Cm hasil temuan nelayan jaring kepiting bernama, Johan (42) di lepas bibir pantai obyek wisata bahari Pondok Permai, Serdang Bedagai (Sergai) pada hari Rabu (12/2/2020) siang.

“Temuan itu dilaporkan warga ke Polsek Pantai Cermin,dan malamnya kita laporkan kepada Pimpinan di Mapolda Sumut, dan seterusnya kita berkoordinasi dengan Tim Jibom dari Brimob Polda Sumut, untuk dilakukan pemusnahan dengan cara diledakkan,” kata Kapolres Sergai, AKBP Robinson Simatupang.

Peledakan dilakukan dengan menanam mom mortir ke dalam lubang sedalam 30 Cm, “Lalu diledakkan dengan jarak 50 meter melalui alat pemicu (remote) oleh Tim Jibom Brimob Polda Sumut,” pungkas Kapolres.

Terpisah, dari salah seorang nelayan yang berdomisili di sekitar lokasi penemuan bom, Amran (47) membenarkan beberapa tahun lalu nelayan juga menemukan bom sejenis,

“Tapi ukurannya lebih besar dari bom yang kemarin baru ditemukan,” kata Amran, kepada PONTAS.id.

Sementara dari beberapa nelayan yang sudah puluhan tahun melaut di perairan Pantai Cermin bercerita bahwa bom tersebut merupakan sisa perang Kemerdekaan tahun 1945 saat tentara sekutu mendarat di Pantai Cermin.

Sebab, saat itu Jembatan Sei Ular (perbatasan Sergai dan Deli Serdang), dijaga dengan ketat oleh pejuang Kemerdekaan RI mencegah sekutu masuk ke Tebingtinggi.

“Sebelum pendaratan, pasukan sekutu (Inggris dan Belanda) membombardir kawasan pesisir Pantai Cermin dengan bom. Kemungkinan ada yang tidak meledak di laut sesuai temuan nelayan beberapa tahun lalu dan yang sekarang ini,” jelasnya dengan logat khas Melayu Pesisir.

Penulis: Andy Ebiet
Editor: Pahala Simanjuntak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here