Anies Targetkan 30 Ribu Penumpang MRT Perhari

Jakarta, PONTAS.ID – Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan perkiraan penumpang per hari di awal operasi Moda Raya Terpadu (MRT) mencapai 65.000 orang per hari. Oleh karena itu, secara bertahap pihaknya optimistis akan meningkatkan menjadi 130.000 per hari tahun depan.

“MRT juga kita dorong untuk menjadi bagian dari Jaklingko, sebuah sistem integrasi transportasi Ibukota, mulai dari kendaraan kecil hingga kendaraan besar, dari first mile hingga last mile,” kata Anies di Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta Pusat, Minggu (24/3/2019).

Pada saat ini, MRT Jakarta telah terintegrasi dengan TransJakarta. Ke depan, pihaknya akan terus mendorong integrasi dengan moda transportasi lainnya seperti LRT dan Commuter Line dalam kerangka Jaklingko.

“Kita akan terus kawal pembangunan MRT Fase 2 dan fase-fase berikutnya,” terangnya.

Anies menjelaskan, bahwa rata-rata kereta Ratangga akan beroperasi selama 19 jam untuk mengangkut penumpang, dengan jeda waktu tunggu antara satu rangkaian kereta dengan rangkaian kereta lainnya sekitar lima menit pada jam sibuk, dan sepuluh menit pada jam normal.

“Alhamdulillah, pembangunan MRT Tahap 1 sebagai sebuah terobosan infrastruktur untuk mengatasi masalah transportasi di DKI Jakarta hari ini telah kita rampungkan,” terangnya.

Katanya, proyek ini memang benar-benar kolosal. Menurut informasi dari Dirut MRT, terdapat 253.553 pekerja yang terlibat dalam pembangunan MRT Jakarta Fase 1 sejak groundbreaking sampai selesai begitu juga 546 orang karyawan PT. MRT.

“Mereka semua ini bekerja dalam sunyi, jauh dari liputan media, tapi oleh tangan-tangan mereka, sejarah baru ditorehkan di Ibukota. Ucapan terima kasih tak hingga, kami sampaikan pada mereka semua,” lanjutnya.

Anies mengajak seluruh masyarakat agar memanfaatkan kehadiran MRT Jakarta sebagai momentum untuk bersama-sama mewujudkan sebuah gaya hidup kota modern yang bersih, disiplin dan berbudaya.

“Kepada seluruh warga Jakarta, kita berharap MRT ini tidak hanya memberikan kenyamanan dan kemudahan, tapi turut membentuk perilaku dan karakter sebagai warga dunia yang maju dan beradab. Selamat menjadi warga kota global. Mari kita manfaatkan MRT ini sebaik-baiknya, dengan turut menjaganya sebagai aset bersama,” pungkas Anies.

Penulis: Hartono

Editor: Idul HM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here