Anies Berharap Jakarta Jadi Kota Layak Anak

Jakarta, PONTAS.ID – Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menghadiri acara peringatan Hari Anak Nasional yang sebenarnya jatuh pada 23 Juli 2018 yang lalu, namun Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI baru bisa menggelarnya pada hari ini, Kamis (6/9/2018).

Dalam kesempatan tersebut, Anies yang pernah menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) ini, mengaku sangat mengharapkan DKI Jakarta dapat menjadi kota yang layak anak, sehingga anak-anak bisa tumbuh berkembang semua potensinya.

“Kita menginginkan Jakarta menjadi kota yang layak anak. Artinya anak-anak bisa tumbuh dan berkembang semua potensinya, kemudian bisa dikembangkan dalam suasana yang aman, nyaman, sehat, dan membahagiakan,” kata Anies di Ancol, Jakarta Utara, Kamis (6/9/2018).

Dia menambahkan bahwa keinginannya tersebut merupakan sesuatu hal yang harus diikhtiarkan, karena tidak bisa otomatis datang begitu saja. Anies menegaskan, anak-anak harus tumbuh dalam suasana rumah yang sehat, baik, jauh dari praktek kekerasan, serta jauh dari praktek yang menimbulkan perasaan tidak nyaman.

Kemudian, kata Anies, sekolah harus menjadi tempat yang memang aman, karena itu sekolah programnya bukan sekedar sekolah aman. Anak sekolah itu harus menumbuhkan potensi anak yang otomatis harus aman. Lingkungan antara rumah dan sekolah, suasananya harus kondusif untuk pertumbuhan anak.

“Sejauh ini pemerintah mulai dengan membangun kebiasaan belajar di malam hari dan ini sudah dimulai di Jakarta Barat. Kita akan lihat perkembangannya,” ujarnya.

Bila perkembangan memperlihatkan hasil responsif yang baik, ucap Anies, maka pendekatan itu akan diteruskan. Namun, bila tidak maka dicari pendekatan yang lain. Intinya, dia menginginkan agar suasana di Jakarta sadar untuk memberi perhatian pada anak di lingkungannya.

Editor: Risman Septian

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here