Prasetio Tegas Menolak Rencana Revisi Perda untuk Izinkan Becak

Jakarta, PONTAS.ID – Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetio Edi Marsudi secara tegas menyatakan tidak setuju dengan keinginan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI, yang hendak merevisi Peraturan Daerah (Perda) DKI Nomor 8 Tahun 2007 tentang Ketertiban Umum.

Keinginan untuk merevisi Perda itu dikarenakan pihak Pemprov DKI hendak memberi izin kepada moda transportasi becak beroperasi di wilayah DKI. Prasetio menilai wacana melegalkan becak itu hanya upaya memenuhi janji kampanye saja, padahal tidak sesuai dengan perkembangan DKI. Menurutnya, larangan becak itu sudah tepat.

“Enggak bakalan ada becak di Jakarta, enggak bakal terealisasi. Jika becak yang direncanakan seratus, tiba-tiba seribu, bagaimana? Bagaimana kalau yang dari daerah-daerah tukang becak pada datang ke Jakarta?” kata Prasetio di Gedung DPRD DKI, Jakarta, Selasa (9/10/2018).

Dia justru meminta Pemprov DKI untuk fokus mendorong transportasi yang lebih modern, aman, dan manusiawi. Prasetio mengatakan saat ini sudah banyak moda transportasi yang bisa diandalkan masyarakat. Apalagi nanti kalau mass rapid transit (MRT) sudah beroperasi.

Sebelumnya, Pemprov DKI memang berencana merevisi Perda itu untuk mengakomodasi operasional becak di jalan-jalan kampung atau lingkungan. Meski Perda belum direvisi, para penarik becak kini merasa aman karena anggota Satpol PP tak lagi menertibkan mereka, bahkan sudah difasilitasi dengan shelter di beberapa tempat.

Editor: Risman Septian

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here