Sekda DKI: PMD BUMD 11 Triliun untuk Percepatan Program

Jakarta, PONTAS.ID – Pengajuan penyertaan modal daerah (PMD) untuk delapan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI yang terdapat di dalam APBD Perubahan 2018, bertujuan untuk mempercepat program-program Pemprov DKI yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat.

Demikian disampaikan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta, Saefullah. Anggaran PMD untuk delapan BUMD DKI tersebut mencapai Rp 11 triliun dalam APBD Perubahan 2018. Menurut dia, pada saat ini kedelapan BUMD DKI tersebut memang sangat membutuhkan suntikan PMD.

“Dulu memang BUMD kita dorong untuk mandiri, tapi sejalan dengan waktu. Akhirnya kita jatuh pada skema paling efektif, yakni pemberian PMD untuk mempercepat kebutuhan masyarakat,” kata Saefullah kepada wartawan di Gedung DPRD DKI, Jakarta Pusat, Rabu (29/8/2018).

Saefullah menambahkan, bahwa pembangunan sejumlah infrastruktur di Jakarta akan jauh lebih efektif bila delapan BUMD itu diberikan PMD, dibandingkan jika anggaran pembangunan itu dimasukkan dalam anggaran milik satuan kerja perangkat daerah (SKPD) DKI.

Mantan Wali Kota Jakarta Pusat ini mengacu pada pembangunan equestrian, velodrome, light rail transit (LRT), dan sebagainya. “Kalau kita taruh di SKPD ini pasti akan menyulitkan, di sisi lain kita ingin kebutuhan masyarakat ini segera terpenuhi dalam waktu yang tidak lama,” ujarnya.

Sebelumnya, delapan BUMD yang mengajukan PMD pada APBD-P 2018 tersebut yakni PT Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta, lalu PT Jakarta Propertindo, PD PAL Jaya, PD Dharma Jaya, PT Food Station Tjipinang Jaya, PT Pembangunan Sarana Jaya, PDAM Jaya, dan PD Pasar Jaya.

Rinciannya, PT MRT Jakarta Rp 3,6 triliun, PT Jakarta Propertindo Rp 4,6 triliun, PD PAL Jaya Rp 235 miliar, PD Dharma Jaya Rp 79,4 miliar, PT Food Station Tjipinang Rp 85,5 miliar, PT Pembangunan Sarana Jaya Rp 935 miliar, PD Pasar Jaya Rp 166 miliar, dan PDAM Jaya Rp 1,2 triliun.

Jika dibandingkan dengan penetapan APBD 2018, PMD ini naik Rp 5,083 triliun. Ketika itu BUMD yang diberi PMD hanya yang memang mendapat penugasan atas program nasional seperti PT MRT.

Editor: Risman Septian

Previous articleKeren! Anggota Polda Sulsel Sumbang Medali Perunggu
Next articlePresiden Santai soal Gerakan #2019GantiPresiden

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here