Ganjil Genap di Pondok Indah dan Kemayoran Jaraknya Dipangkas

Jakarta, PONTAS.ID – Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ), Bambang Prihartono mengungkapkan bahwa pihaknya telah mengkaji kembali perluasan peraturan pembatasan kendaraan roda atau lebih dengan sistem plat nomor ganjil-genap.

Hasilnya, kata dia, ada dua ruas jalan yang akan dikurangi jarak perluasan penerapan ganjil-genapnya. Yang pertama yakni di Jalan Metro Pondok Indah, Jakarta Selatan (Jaksel). Dimana di ruas jalan ini sebelumnya berlaku 6,69 kilometer, menjadi 3,85 kilometer.

“Kalau Pondok Indah kan semula ada dari Simpang Ciputat sampai dengan Simpang Kebayoran Baru. Sekarang dikurangi, dari Simpang Ciputat hingga simpang Pondok Indah Mall saja,” kata Bambang dalam keterangannya yang diterima di Jakarta, Senin (6/8/2018).

Kemudian yang kedua, yakni di Jalan Benyamin Sueb, Kemayoran, Jakarta Pusat (Jakpus). Bambang menjelaskan bahwa penerapan ganjil-genap di Jalan Benyamin Sueb sebelumnya berjarak 4,07 kilometer, akan dikurangi menjadi 3,25 kilometer.

“Semula itu diterapkan di Simpang Gempol Kemayoran sampai Kupingan Ancol. Sekarang menjadi Bundaran Angkasa sampai dengan Kupingan Ancol,” ujarnya.

Seperti yang diketahui, ada 10 ruas jalan yang saat ini diberlakukan kebijakan ganjil-genap yaitu Jalan Jenderal Sudirman, Jalan MH. Thamrin, Jalan Jenderal Gatot Subroto, Jalan Jenderal S. Parman (Simpang Tomang s.d Simpang Slipi), Jalan MT. Haryono, Jalan H.R. Rasuna Said.

Selain itu, sistem ganjil-genap diterapkan juga pada Jalan Jenderal. D.I. Panjaitan, Jalan Jenderal Ahmad Yani, Jalan Benyamin Sueb, dan Jalan Metro Pondok Indah.

Lebih lanjut Bambang pun menegaskan, bahwa hanya ada 7 pintu tol yang akan ditutup setelah sebelumnya direncanakan 19 pintu tol. Namun, hal ini telah diputuskan dari hasil evaluasi simulasi akhir.

“Untuk 7 pintu tol yang nantinya ditutup pada Asian Games 2018, 4 diantaranya yakni Angke 2, Tanjung Duren, Slipi 2, dan TMII akan ditutup pukul 06.00-17.00 WIB. Sedangkan 3 lainnya, yaitu Angke 1, Slipi 1 dan Taman Mini 2 akan ditutup dari pukul 12.00 sampai 21.00 WIB,” tandasnya.

Editor: Risman Septian

Previous articleKetua DPR Imbau Elite Hindari Pernyataan Sesat Jelang Pilpres
Next articleKLHK Rencanakan Buat Aturan Lebih Efektif Terkait Kantong Plastik

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here