Pemprov DKI Masih Bahas Wacana Ganjil-Genap Dipermanenkan

Jakarta, PONTAS.ID – Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengatakan bahwa proses membuat permanen aturan pembatasan kendaraan bermotor roda 4 dengan plat nomor ganjil-genap di sejumlah ruas jalan ibukota, masih dalam tahap pembahasan.

Pria yang pernah menjabat Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini menjelaskan, bahwa hingga saat ini Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI masih fokus dalam mengobservasi adanya efek peningkatan minat masyarakat untuk menaiki moda transportasi angkutan massal.

“Fokus kami adalah pada perluasan jangkauan kendaraan umum dan kemudahan warga untuk menggunakan kendaraan umum. Jadi yang harus kita tumbukan di sana bukan semata-mata pada pengendalian kendaraan pribadi,” tutur Anies Baswedan di Gedung DPRD DKI Jakarta, Jakarta Pusat, Rabu (10/10).

Dirinya melihat hal ini akan dibahas saat perluasan ganjil genap selesai dilakukan. Selambat-lambatnya saat penyelenggaraan Asian Para Games 2018 terselesaikan.

Dengan adanya kajian, Anies berharap dapat membuat keputusan yang matang, sehingga tidak menjadi Keputusan yang asal jadi. Anies akan melihat agar penentuan aturan ini dapat permanen karena kebutuhan masyarakat.

“Sedang difinalisasi. Pembicaraan bahkan nanti malampun ada diskusi FGD (Forum Group Discussion), kami dengar saja hasilnya. Jadi penentuan ganjil genap itu bukan selera gubernur bukan rasa gubernur, orientasinya saya adalah mana yang terbaik untuk warga Jakarta,” pungkasnya.

Sebelumnya, sejumlah pihak menilai bahwa kebijakan ganjil-genap yang diterapkan Pemprov DKI Jakarta terbukti bisa mengurangi kemacetan di Jakarta. Oleh karena itu, mereka pun meminta agar aturan itu bisa segera dipermanenkan.

Editor: Risman Septian

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here