Kurang Jelas, Rambu Papan Ganjil-Genap akan Diganti Elektronik

Jakarta, PONTAS.ID – Rambu statis berbentuk papan yang merupakan rambu pemberitahuan larangan kendaraan dengan sistem plat nomor ganjil-genap, bakal diganti oleh pihak Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta, dengan rambu elektronik.

Pelaksana tugas Kepala Dinas Perhubungan DKI, Sigit Wijatmoko mengatakan bahwa hal tersebut dikarenakan rambu statis berbentuk papan itu selama ini dinilai kurang jelas bagi para pengemudi.

“Selama ini kita memang sudah menempatkan rambu. Memang penempatan rambu tersebut kan bukan rambu besar seperti bando jalan gitu ya,” kata Sigit saat ditemui oleh wartawan di Balai Kota DKI, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat (Jakpus), Kamis (24/1/2019).

Menurut Sigit, rambu statis yang selama ini digunakan memang sesuai dengan standar internasional. Namun katanya, banyak masyarakat yang sering melewatkan rambu. Ini terjadi di persimpangan yang ada pengecualian ganjil-genap.

“Karenanya pada 2019 ini kami mencoba menyempurnakan pengunanan rambu elektronik sebagai informasi. Karena dengan rambu warna, tentunya akan memudahkan baik dari sisi pengguna yaitu masyarakat maupun dengan petugas penegak hukumnya,” ujar Sigit.

Sistem pembatasan kendaraan bermotor ganjil-genap diteruskan di 2019. Ada beberapa segmen jalan yang tak diberlakukan ganjil-genap. Segmen ini biasanya di persimpangan hingga titik masuk/keluar gardu tol.

“Misalnya di Jalan Gatot Subroto, kalau dari arah Palmerah atau KS Tubun, itu enggak kena,” ujar Sigit.

Editor: Risman Septian

Previous articleKemendag Musnahkan Hasil Pengawasan Barang Tahun 2018
Next articleWali Kota Medan Bangga dengan Rumah Tradisional Nias, Ini Sebabnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here