OK OTrip Jadi Jak Lingko, Anggota DPRD Malu Terlanjur Sosialisasi

Jakarta, PONTAS.ID – Anggota Komisi B DPRD DKI Jakarta, Ida Mahmudah mengaku merasa malu dengan keputusan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI yang mengubah nama program OK Otrip menjadi Jak Lingko pada beberapa waktu yang lalu.

Pasalnya, wanita yang merupakan politikus asal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini, sudah terlanjur mensosialisasikan program OK OTrip pada masyarakat di daerah pemilihan (dapil)-nya, saat masa reses dewan. Setelah reses selesai, nama program itu malah diganti.

“Program itu kalau sudah konsisten, ya sudah, jangan lagi diubah-ubah. Ini akhirnya saya malu, kenapa? Baru selesai kita reses, belum buat laporannya, tetapi nama sudah ganti,” kata Ida dalam rapat bersama satuan kerja perangkat daerah (SKPD), Senin (15/10/2018).

Lebih lanjut, dia pun lantas mempertanyakan perubahan nama OK OTrip menjadi Jak Lingko tersebut. Padahal, program integrasi moda transportasi di Jakarta OK OTrip itu belum genap setahun berjalan.

“OK Otrip itu kan program Gubernur baru yang belum satu tahun berjalan, sudah diganti namanya, apakah OK Otrip ini program gagal atau apa?” ujar Ida.

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perhubungan DKI, Sigit Wijatmoko membantah OK OTrip sebagai program gagal. Menurut dia, program OK OTrip justru berjalan sukses dengan jumlah penumpang puluhan ribu tiap harinya.

“Ada 534 armada yang tergabung dalam program OK Otrip dengan jumlah penumpang per hari sampai angka 68.000. Artinya, capaian yang signifikan ya,” tutur Sigit ditempat yang sama.

Dia menyampaikan, tujuan nama OK OTrip diubah ke Jak Lingko itu untuk mencerminkan moda transportasi yang terintegrasi di Jakarta. Dengan nama Jak Lingko, moda transportasi yang akan diintegrasikan nantinya bukan hanya angkot dengan TransJakarta saja, tetapi juga transportasi berbasis rel.

“Ke depannya kita tentu akan mengembangkan dengan angkutan-angkutan umum berbasis rel, seperti MRT Jakarta, LRT, dengan pihak kereta commuterline juga kita komunikasikan,” ucapnya.

Editor: Risman Septian

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here