Belum Beres, OK OCE Mau Dibawa ke Tingkat Nasional?

Jakarta, PONTAS.ID – Anggota DPRD DKI Jakarta dari Fraksi Partai Nasional Demokrat (NasDem), Bestari Barus mempertanyakan keinginan bakal Calon Wakil Presiden (Cawapres), Sandiaga Uno yang hendak membawa program OK OCE (One Kecamatan One Center of Entrepreneurship) ke tingkat nasional.

Pasalnya menurut penilaian Bestari, hingga saat ini belum ada keberhasilan yang signifikan dari program OK OCE di Jakarta dalam satu tahun belakangan. Maka dari itu dia mengaku bingung dengan sikap Sandiaga yang malah ingin membawa program ini ke tingkat nasional.

“Di tingkat DKI saja begini, kalau tingkat nasional bagaimana? Orang-orang itu kalau saya ketemu pada mengeluh, ‘ah OK OCE apa’,” kata Bestari kepada wartawan di Gedung DPRD DKI, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat (Jakpus), Jumat (14/9/2018).

Bestari mengatakan, indikator keberhasilan OK OCE tetap terletak pada seberapa banyak yang mendapat modal. Tapi sampai saat ini, peserta yang mendapat modal baru seribu. Dia menilai jumlah ini masih begitu jauh dari target 40 ribu wirausaha per tahun.

Lebih lanjut, Bestari pun mengkritik hadiah yang rencananya akan diberikan kepada pendaftar OK OCE ke 40 ribu. Hadiah itu dijanjikan oleh Sandiaga Uno ketika masih menjabat sebagai wakil gubernur (wagub) DKI Jakarta.

“Tidak mendidik mengiming-imingi pendaftar OK OCE dengan umroh. Seharusnya Pemprov harus membuat para pendaftar itu mampu umroh dengan uang sendiri, artinya menjadi sukses,” ujarnya.

Daripada sibuk memikirkan hadiah, Bestari menilai seharusnya Pemprov DKI fokus mengupayakan modal bagi peserta OK OCE. Keberhasilan OK OCE bukan terletak pada banyaknya jumlah pendaftar melainkan jumlah yang mendapat izin.

“Janji-janji seperti itu tidak jamannya lagi dan membawa janji-janji itu ke tingkat lebih tinggi itu pembodohan bagi masyarakat. Sebaik-baiknya umroh adalah ketika dia sudah berhasil, bukan dikasih begitu. Pendaftar yang banyak bukan indikasi keberhasilan OK OCE,” tutur dia.

Editor: Risman Septian

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here