Hari Ini Tilang Ganjil Genap Kembali Diberlakukan

Sistem Ganjil Genap

Jakarta, PONTAS.ID – Mulai hari ini, Senin (10/8/2020), Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya akan memberlakukan kembali tilang bagi pelanggar ganjil genap di Jakarta.

Masa sosialisasi sistem ganjil genap sudah selesai. Di hari terakhir, sebanyak 70 personel dikerahkan untuk lakukan sosialisasi.

“Ada 70-an anggota untuk giat sosialisasi terakhir, karena tanggal 10 Agustus sudah akan kita berlakukan penindakan,” kata Kepala Subdirektorat Keamanan dan Keselamatan Polda Metro Jaya, AKBP Herman Rusmanto saat dikonfirmasi.

Sosialisasi hari terakhir ini juga dilakukan dengan memasang spanduk dan pemberian brosur kepada pengendara. Herman mengatakan, pemberlakuan sistem ganjil genap di Jakarta sudah berlaku sejak Senin 3 Agustus 2020 lalu. Namun pelanggaran terhadap aturan tersebut hanya diberikan teguran dalam rangka sosialisasi. Sanksi berupa denda atau tilang akan diberlakukan mulai hari ini.

“Sanksi berdasarkan UU Nomor 22 Tahun 2009 di pasal 287 di situ menyebutkan bahwa pelanggaran ganjil genap atau melanggar rambu sebelumnya dikenakan sanksi denda Rp 500 ribu dan kurungan maksimal dua bulan,” bebernya.

Penulis: Luki Herdian

Editor: Pahala Simanjuntak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here