Bupati Sampaikan LKPJ 2023 Di Paripurna DPRD Kabupaten Malang

Malang, PONTAS.ID- Dalam rangka penyampaian rekomendasi DPRD Kabupat3n Malang terhadap Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) tahun 2023, Bupati Malang, H.M. Sanusi, mengawali sambutannya mengucapkan minal aidzin wal Faidzin mohon maaf lahir dan batin kepada para peserta sidang paripurna, Rabu (24/4/2024).
Sanusi juga menyampaikan dengan mewakili seluruh jajaran aparatur Pemkab Malang, dirinya menyampaikan terima kasih kepada anggota dewan yang telah menindaklanjuti LKPJ tahun 2023.
“Dengan memberikan rekomendasi sebagai masukan penting dalam menentukan arah kebijakan dan langkah-langkah pembangunan ke depan, kami juga menyampaikan penghargaan kepada Panitia Khusus (Pansus)
yang telah melaksanakan pendalaman terhadap LKPJ dan menghasilkan catatan-catatan strategis, serta rekomendasi positif terhadap penyelenggaraan urusan desentralisasi, tugas pembantuan, dan tugas umum pemerintahan selama tahun anggaran 2023,” terang Sanusi.
Selain itu, disampaikan pula kepada tim
LKPJ dan seluruh kepala perangkat daerah di lingkungan Pemkab Malang, atas kinerja dan kerja keras sekalian bersama DPRD Kabupaten Malang di tahun 2023, mulai dari penyusunan rencana kerja dan rencana kegiatan, pelaksanaan kegiatan, yang dilanjutkan dengan pengendalian serta pengawasan, hingga penyampaian LKPJ Bupati kepada DPRD Kabupaten Malang.
“Kerjasama serta sinergitas antara DPRD dengan Pemkab, pada prinsipnya telah berjalan dengan baik. Masing-masing pihak telah memiliki kesadaran tinggi terhadap kewenangan, fungsi serta tugasnya masing-masing dalam rangka penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan. Walaupun terkadang masih terdapat perbedaan pandangan dalam menyikapi fenomena pemerintahan, pembangunan, kemasyarakatan dan sosial politik yang terjadi, namun perbedaan tersebut merupakan hal yang wajar dan harus disikapi dengan bijak, dengan mengedepankan toleransi, saling mengisi, serta saling menghargai, sekaligus tetap berpedoman kepada ketentuan yang berlaku, maupun azas-azas penyelenggaraan pemerintahan yang baik,” ujarnya.
Selanjutnya mengenai rekomendasi yang disampaikan, baik yang bersifat administratif maupun substansi terhadap LKPJ Bupati, pihaknya terima dan akan dipelajari dengan seksama untuk dijadikan masukan dalam perencanaan pembangunan ke depan.
“Rekomendasi yang disampaikan DPRD ini merupakan sebuah saran yang sifatnya positif dan konstruktif dalam konteks perbaikan
maupun penyempurnaan untuk mewujudkan keberhasilan penyelenggaraan pemerintahan daerah di masa yang akan datang,” jelasnya.
Pada tahun 2023 lalu, masih kata Sanusi, berbagai keberhasilan dan prestasi berhasil  diraih dan manfaatnya juga dapat dirasakan oleh masyarakat. Hal ini dibuktikan dengan cukup banyaknya penghargaan dari berbagai pihak yang diberikan kepada Kabupaten Malang.
“Namun perlu kita sadari bersama bahwa masih terdapat beberapa kekurangan
yang tentunya perlu untuk segera diperbaiki. Maka dari itu, mari kita perkuat sinergi dan komitmen bersama, melalui peningkatan kinerja pemerintahan dan pembangunan, dengan memperhatikan pula prinsip-
prinsip partisipatif, dan kolaboratif, serta adaptif terhadap aspirasi maupun kebutuhan masyarakat Kabupaten Malang,” ungkapnya.
Berbekal pengalaman di tahun sebelumnya, saat ini Pemkab Malang tengah berpacu untuk mengakselerasi kinerja guna mewujudkan cita-cita pembangunan sebagaimana telah tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD)
Kabupaten Malang Tahun 2021-2026. Harapannya roda pemerintahan
dan pembangunan di tahun 2024 ini dapat berjalan lancar dan sukses
tanpa hambatan berarti.
“Mudah-mudahan kesadaran dan kemauan, serta partisipasi aktif seluruh pihak juga semakin meningkat, untuk bersatu padu,
berkolaborasi dalam mencurahkan segala kontribusi demi mewujudkan
masa depan yaitu “MALANG MAKMUR”,” tutup Sanusi.
Penulis : Bagus Yudistira
Editor: Fajar Virgyawan Cahya
Previous articleInspektur Bina Pegawai Perumda Tirta Kanjuruhan Di Acara Halal Bihalal
Next articleMencermati Dampak Eskalasi Ketegangan di Timur Tengah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here