Antisipasi Banjir, DPUBM Malang Bangun Jembatan Di Beberapa Kecamatan

Malang, PONTAS.ID- Jelang berakhirnya musim kemarau dan memasuki musim penghujan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang dalam menghadapi bencana hidrometeorologi yaitu banjir dan longsor telah menyiapkan beberapa upaya-upaya, seperti halnya pembangunan infrastruktur jembatan di beberapa kecamatan yang berpotensi banjir, salah satunya jembatan Kalibang di desa Kedung Banteng Kecamatan Sumbermanjing Wetan (Sumawe).
Jembatan Kalibang sendiri terletak di jalan K1 tepatnya di ruas jalan perbatasan desa Kedungbanteng dan desa Tambak Asri kecamatan Sumawe, jembatan tersebut juga merupakan penghubung 2 kecamatan yakni kecamatan Sumawe dengan kecamatan Dampit. Pemkab Malang melalui Dinas PU Binamarga (DPUBM) telah selesai dikerjakan pada tanggal 22 Nopember 2023 dan akan dilakukan open trafic tanggal 25 besok.
Fendi Sujatmiko, selaku Sekretaris DPUBM mengatakan “kondisi existing jembatan sebelum dibangun, konstruksi pelengkungnya berupa pasangan batu bata”katanya saat ditemui Jumat (24/11/2023). Jembatan ini salah satu yang terletak di wilayah rawan bencana banjir, karena konstruksinya pasangan batu bata dengan lebar 1,2 meter dan tinggi 2,4 meter, jembatan tersebut tidak mampu menahan luapan air sehingga mengakibatkan separuh kondisinya mengalami kerusakan.
Pada saat itu oleh pihak pemerintah desa dibuatkan jembatan darurat dengan memasang kayu glugu, Fendi sapaan akrabnya menerangkan “dalam rangka memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat luas khususnya masyarakat kab Malang, di bidang infrastruktur, pihak kami langsung memberikan slot penanganan pembangunan jembatan tersebut agar akses jalan tidak terputus”terang Fendi dikantornya.
Jembatan dibangun dengan konstruksi yg lebih representatif sesuai kebutuhan tahan terhadap bencana, desain bangunan menggunakan boxculvet dengan lebar rong atau penampang basah 5 m, tinggi 2 m, lebar jembatan dibuat 8 meter menyesuaikan dengan geometrik jalan, bangunan pelengkap juga dibuatkan untuk mengendalikan¬† aliran air yang liar”tutupnya.
Previous articleHNW: Apresiasi dan Peduli Terhadap Guru, Termasuk Kesehatan Mereka adalah Kewajiban
Next articleHNW: Harusnya Mereka Juga Mengadukan Israel ke Mahkamah Pidana Internasional

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here