Operasikan Bus Sekolah Gratis, Dishub Harapkan Tambahan

Bus antar jemput pelajar sekolah milik Pemerintah Kota Pasuruan //Foto: Dishub Pemkot Pasuruan

Pasuruan, PONTAS ID  – Keberadaan Bus sekolah di Kota Pasuruan belum ideal. Selama 3 tahun terakhir, baru ada satu unit angkutan yang melayani antar-jemput pelajar. Jumlah itu masih perlu ditambah agar antar jemput bisa terjangkau .

Sementara satu bus hanya memiliki kapasitas 30 pelajar. Kondisi itu tidak sebanding dengan animo masyarakat terhadap layanan antar-jemput pelajar secara gratis itu.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Pasuruan Andrianto mengatakan, sebenarnya sudah mengusulkan tambahan armada ke Pemerintah pusat. Tambahan satu Bus sekolah diajukan pada 2021 lalu.

“Namun, saat itu, Kementerian Perhubungan belum mengabulkannya lantaran anggaran Pemerintah masih banyak dibutuhkan Covid -19. Jadi sampai saat ini masih belum realisasi . Mungkin sampai tahun 2025 mendatang,” ungkap Andrianto Senin (3/6/2024)

Pihaknya kata dua tetap mengupayakan bantuan bus Sekolah lagi 3 Unit untuk tambahan, melalui Kementrian Perhubungan.

Andrianto juga menjelaskan, bahwa, rencana dengan tambahan bantuan 3 Unit angkutan Siswa gratis tersebut yaitu akan menjangkau antar jemput siswa  dari wilayah Timur dan sementara menjangkau wilayah Utara saja.”Masih butuh lagi wilayah Timur satu lagi, wilayah barat satu lagi,” terangnya.

“Untuk yang wilayah selatan mungkin bisa jadi yang wilayah Timur itu menjangkau sampai ke Selatan jadi Komuter . Rutenya dari Dishub Kota Pasuruan dia langsung ke Timur ke daerah Kecamatan Bugul Kidul ke Purworejo, setelah itu bisa langsung ke Dishub lagi,” jelasnya .

Bus operasional ini akan standby di titik – titik yang sudah di tetapkan, dan saat ini kata Andrianto bus disambut dengan oleh para antusias siswa, “Jika ada bantuan lagi Bus Sekolah di titik yang belum terlayani oleh Bus Gratis nantinya bisa terlayani semua ,” tutupnya .

Penulis: Abdullah
Editor: Pahala Simanjuntak

Previous articleDilaporkan ke MKD soal Amandemen, Ini Kata Bamsoet
Next articleJaga Soliditas, Kajati Jawa Barat Sambangi Forkopimda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here