Kunjungi SMAN 1 Perbaungan, Kapolres Sergai Himbau Siswa Hindari Pergaulan Bebas dan Jauhi Narkoba

Sergai, PONTAS.ID- Dihadapan lebih seratus siswa Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Perbaungan, Kapolres Sergai AKBP Ali Machfud lakukan tatap muka sembari bersilaturahmi bersama para Pendidik dan siswa di aula SMAN I Perbaungan di Kelurahan Barang Tetap – kecamatan Perbaungan, Rabu (23/11/2022).

Dalam kesempatan itu, Kapolres Sergai menjelaskan tujuan ke sekolah ini selain bersilaturahmi, juga menjabarkan sisi Polisi yang belum diketahui siswa.

“Kita tidak tau apa yang terjadi kedepannya, mau jadi apa, tapi kita harus mempersiapkan diri, skill, knowledge (pengetahuan) dan attitude (sikap) serta kuasai ilmu dasar hidup, bahasa, matematika dan sains. Ini gunanya untuk bekal persiapan kita dimasa depan, jika ini mampu kalian pelajari niscaya adik-adik sebagai generasi penerus akan terbebas dari pengaruh narkoba dan nafsu”, papar AKBP Ali Machfud yang bergelar Doktor Ilmu Kepolisian ini.

Selanjutnya Kapolres Sergai memaparkan kondisi persoalan hukum yang ditangani Polres Sergai, kasus cabul dan persetubuhan anak dibawah umur dengan korban dan pelaku adalah anak dibawah umur, saat ini cukup tinggi di wilkum Polres Sergai.

“Untuk ini, kami menghimbau kepada adik-adik generasi muda ini agar menghindari pergaulan bebas. Dan sebagai penerus bangsa harus bisa menjaga diri dengan baik, dan harus lebih bagus dan lebih baik dari generasi sebelumnya. Hindari, jauhi dan jangan coba – coba menggunakan narkoba. Karena narkoba merusak generasi bangsa, dan jika ada tertangkap maka tidak hanya kamu tetapi keluarga juga ikut susah, dan nama baik keluarga bisa tercemar. Disini saya tegaskan, kami akan melaksanakan tes urine secara dalam dengan sistem acak, kesekolah yang rawan dengan kasus narkoba dan cabul,” tegas AKBP Ali Machfud.

Saat ini Polisi tidak ada melakukan Tilang manual, selain dengan tilang elektronik/ ETLE/ Mobile ETLE. Oleh sebab itu,kami meminta agar kita semua semakin dewasa, gunakan helm standar, untuk antisipasi kecelakaan, jangan sampai impian generasi muda hancur/ hilang akibat kecelakaan.

“Kita harus patuh dan tertib karena adanya aturan yg mengatur dan bukan karena ada Polisi, karena peraturan adalah cerminan diri dari Negara,” jelas Ali Machfud.

Diakhir paparannya, AKBP Ali Machfud mengingatkan, sebagai pelajar, jangan berhenti belajar, manfaatkan waktu yang ada dengan belajar, membaca buku, harus kuat dan tidak boleh gampang menyerah dan harus tetap serius belajar.

Dalam sesi tanya jawab, para siswa mempertanyakan:

1.bagaimana upaya Polri untuk meningkatkan kualitas SDM.

2.Angka pengguna Narkoba tinggi dan kesadaran warga rendah, apa yg dapat kami lakukan untuk menurunkan tingkat penggunaan narkoba. Bagaimana cara kami jika mendapati ada anggota Lalu lintas yang masih melakukan pungli, tanya siswa.

Pertanyaan para siswa ini langsung diapresiasi oleh Kapolres, karena pertanyaan tersebut dinilai berasal dari pelajar yang benar – benar belajar.

“Saat ini Polri banyak disorot oleh berbagai kalangan masyarakat, akibat ulah yang dilakukan oleh oknum. Guna mengantisipasinya, Polri telah melakukan reformasi disegala bidang baik secara kultur, struktur dan substansi, memberikan bimbingan rohani kepada personil Polri dengan didampingi oleh tokoh agama/ rohaniawan, serta memberikan pelatihan- pelatihan guna meningkatkan kemampuan anggota Polri dalam pelaksanaan tugas. Terkait narkoba, dalam hal ini peran pelajar adalah menjadi sarana sosial kontrol/ tool of social enginering/ agen perubahan sosial dengan cara menegur, mengingatkan dan memberikan nasehat rekannya. Terkait jika masih ada anggota Polri yang melakukan Pungli, silahkan laporkan kepada saya secara langsung melalui nomor yang sudah diberikan, agar kita berikan tindakan kepada oknum tersebut. Tetapi harus punya data atau bukti yang akurat, bukan hanya sekedar coba-coba yang sifatnya hoax,” tandas Kapolres.

Kapolres meminta kepada Kasek SMAN 1 Perbaungan, agar kembali mengaktifkan kembali Saka Bhayangkara dalam Pramuka guna menumbuhkan jiwa kepemimpinan sejak dini kepada para pelajar.

Sebelumnya, Kepala Sekolah (Kepsek) SMAN I Perbaungan, Ryadi mengapresiasi kehadiran Kapolres Sergai disekolahnya. Walaupun secara mendadak, tetapi karena keterbatasan ruang aula maka hanya sekitar 118 siswa saja yang bisa ikutan.

“Animo para siswa cukup besar dengan kehadiran Pak Kapolres, tetapi karena aula yang kami miliki dan singkatnya waktu diberikan, maka dalam hal ini walaupun banyak yang kecewa tapi kami sangat berterima kasih mendapat arahan dari Polisi yang sudah bergelar Doktor,” kata mantan Kepsek SMAN I Sei Rampah ini.

Turut hadir, Kacab disdik UPT Sei Rampah, Muhammad Syafii Kapolsek Perbaungan, AKP M. Pandiangan, Danramil 07/ Perbaungan,Kapten Kav. Ishak Iskandar, Kasat Binmas,IPTU R. Panjaitan beserta anggota Sat Binmas,
Wakapolsek Perbaungan, IPTU FSM. Manik, para Pendidik di SMAN I Perbaungan dan siswa.

Penulis: Andy Ebiet

Editor: Yos Casa Nova F

Previous articleMeriahkan HUT ke-51, Korpri Asahan Gelar Family Gathering dan Team Building
Next articleWabup Sergai Tinjau Posko Korban Banjir di Kecamatan Tanjung Beringin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here