Kapolres dan Irwasda Polda Sumut Pantau Dampak Banjir di Sergai

Sergai, PONTAS.ID- Akibat hujan kembali tercurah sejak malam kemarin, debit air yang mengaliri Sungai Bedagai membelah kota Seirampah kembali merangkak naik secara perlahan.

Akibatnya, para warga sebagian yang baru saja membersihkan rumahnya dari lumpur dan pasir yang menggenang, kembali mengungsi, khawatir adanya banjir susulan seperti yang dipantau PONTAS.id, sejak semalam di Seirampah, Kamis (18/11/2021).

Ternyata kondisi ini menjadi perhatian serius dari Kapolres Sergai AKBP Ali Machfud, dan bersama Inspektur Pengawas Daerah (Irwasda) Polda Sumut, Kombes Pol Armia Fahmi petang kemarin langsung terjun kekawasan yang airnya mulai naik, di Dusun III Desa Seirampah kecamatan Seirampah, Rabu (17/11/2021).

Dalam peninjauannya, ke dua Pamen Polri ini hanya berjalan kaki serta bantuan dinaikan diatas perahu karet meninjau lokasi yang paling dalam digenangi air, sembari memberikan bantuan sembako door to door kepada pemilik rumah yang kebanjiran.

Kapolres Sergai AKBP Ali Machfud yang baru saja sepekan menjabat, didampingi Wakapolres Kompol Syofyan dan Camat Seirampah, Rahmat Suhendra Damanij memberikan penjelasan kepada Kombes Pol Armia Fahmi terkait kondisi banjir yang lebih dua Minggu melanda Seirampah dan Tanjung Beringin.

Disetiap rumah yang tergenang banjir, Kombes Pol Armia Fahmi sembari memberikan bantuan memberikan kata penghibur.

“Bapak dan ibu jangan lupa berdo’a kepada Allah SWT, agar musibah ini cepat berlalu. Cobaan ini mari kita anggap sebagai peringatan dari Yang Maha Kuasa, agar kita ingat kepadaNya. Kami selalu ada dipihak kalian, silahkan hubungi kami dari Kepolisian jika terjadi yang tidak kita harapkan dan kami siap membantu,” ucap Perwira Melati Tiga itu yang diamini oleh Kapolres Sergai AKBP Ali Machfud.

Karena kondisi waktu sudah senja dan hujan mulai rintik, peninjauan itu tidak sampai menyeluruh ke areal yang kembali digenangi air.

Dalam keterangan singkatnya, Irwasda Kombes Pol Armia Fahmi hanya menuturkan kita perihatin dengan kondisi warga yang sudah lebih dua Minggu rumahnya terendam air, bahkan harus mengungsi ke Tenda darurat yang ada di Posko.

“Semoga musibah ini tidak terlalu lama, dan kita juga mengapresiasi kepada pemerintah daerah, para dermawan dan relawan yang ikhlas membantu warga yang terdampak banjir, kita hanya minta jaga prokes dan jaga kesehatan dan semoga musibah ini bisa selesai,” ujar Kombes Pol Fahmi.

Kemudian, Kapolres Sergai AKBP Ali Machfud secara singkat mengatakan tadi kita mendapat info kalau debit air di sungai Bedagai naik lagi, padahal kemarin sudah turun dan surut.

“kalau pak Bupati lagi ada di Dolok Masihul meninjau banjir, wah tentu saja dampak banjir disana bakal turun kemari. Makanya kita tinjau dan personil untuk bersiaga mana tau ada hal-hal yang harus kita layani dan dibantu,” tutup Kapolres AKBP Ali Machfud.

Penulis: Andy Ebiet

Editor: Yos Casa Nova F

Previous articleMPR Puji Gerakan Sosial dan Peran Moderasi Islam Muhammadiyah
Next articlePengamanan Wilayah, Kapolsek Gemuh Dorong Peran Aktif Masyarakat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here