Resmi Bertugas di Polda DIY, Pedang Pora Sambut Suwondo Nainggolan

Irjen Pol Asep Suhendar beserta istri menerima kedatangan Kapolda DIY, Irjen Pol Suwondo Nainggolan, di halaman Mapolda DIY,Jumat (21/10/2022)

Yogyakarta, PONTAS.ID – Kedatangan Kapolda DIY, Irjen Pol Suwondo Nainggolan, di halaman Mapolda DIY disambut upacara pedang pora dan tarian Golek Ayun-ayun. Kegiatan dihadiri seluruh pejabat utama Polda DIY, para Kapolres dan Pengurus Bhayangkari Daerah DIY, pada Jumat (21/10/2022).

Suwondo beserta istri, tiba di Mapolda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) sekira pukul 08.00 WIB. Kedatangannya disambut Irjen Pol Asep Suhendar beserta istri dan Wakapolda DIY, Brigjen Pol R. Slamet Santoso di depan pintu gerbang Mapolda.

“Ini memang menjadi tradisi dalam penyambutan Kapolda DIY baru,” kata Kabid Humas Polda DIY, Kombes Pol Yuliyanto, siang tadi.

Alunan gending Jawa dan tarian golek ayun-ayun mengiringi langkah Kapolda menuju lobi. Sebelum sampai lobi, Kapolda dan istri menyapa dan menyalami anggota yang berjajar.

Irjen Pol Suwondo Nainggolan sendiri adalah pria kelahiran Jakarta 26 April 1972. Lulusan Akademi Kepolisian angkatan 1994 ini sebelumnya menjabat sebagai Kakorbinmas Baharkam Polri.

Yuliyanto mengatakan, kepemimpinan Asep Suhendar telah memodernisasi sarana dan prasarana sehingga memudahkan tugas Polri di Polda DIY dalam melayani masyarakat.

“Selama bertugas, beliau (Irjen Pol Asep Suhendar) sangat terkesan karena dapat berkerja bersama-sama dengan orang-orang hebat yang ada di Polda DIY,” ujarnya saat menirukan kesan Asep Suhendar.

Buka Dialog
Sehari sebelumnya, Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X merekomendasikan metode dialog kepada Kepolisian Republik Indonesia (Polri) saat menerima Kapolda DIY yang baru, Irjen Suwondo Nainggolan di Gedhong Wilis, kemarin.

“Konsep dialog menjadi metode terbaik untuk mewujudkan kamtibmas karena karakter masyarakat DIY yang dialogis sehingga akan sangat membantu Pemda DIY mewujudkan keamanan dan ketertiban,” kata Sultan.

Sri Sultan mengatakan, DIY selalu mencoba menempatkan ketugasan masing-masing baik Pemda, Polda dan Korem pada porsinya sesuai perundang-undangan seperti Polda DIY dan TNI menjadi pembina teritorial.

“Sebab, pendekatan kemanusiaan akan lebih berhasil dilakukan di DIY dengan catatan tidak terdapat unsur pidana dalam gesekan yang mungkin ditemui di DIY,” tuturnya.

Dalam kesempatan itu, Suwondo mengatakan, pada prinsipnya Kepolisian DIY berkewajiban mewujudkan keamanan dan mendukung seluruh program pembangunan pleh Pemda DIY.

Sebagai pemegang pucuk pimpinan kepolisian tertinggi di DIY, dirinya akan turut serta membangun DIY, khususnya pada program pembangunan dan ketahanan ekonomi.

“DIY ini adalah kota pelajar dan juga kota wisata yang menjadi tujuan wisata, maka kami akan menajdikan DIY sebagai etalase kepolisian untuk memberikan rasa aman dan nyaman pada masyarakat Indonesia,” kata Suwondo.

Penulis: Pahala Simanjuntak
Editor: Fajar Virgyawan Cahya

Previous articleRespon Tembok SD Ambruk di Sergai, Kadisdik: Tulang Kau yang Ku Patahkan, Mau!
Next articlePeringati Maulid Nabi, TKN Kalideres 01 Jakarta Barat Didik Anak Latih Kemandirian

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here