Desakan Penahanan Roy Suryo, Polda Metro: Diatur KUHAP

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan //Foto: Polri

Jakarta, PONTAS.ID – Nasib eks Menpora, Roy Suryo akan dipastikan pada saat pemeriksaan dirinya sebagai tersangka pada besok Jumat (5/8/2022). Penyidik memerlukan keterangan tambahan dari Roy Suryo.

“Nanti kita lihat hari Jumat setelah penyidik melakukan pemeriksaan. Tentunya diatur dalam ketentuan KUHAP, penahanan itu diatur memang,” ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan, dalam keterangan resminya, Kamis (4/8/2022).

Roy Suryo, kembali menjadi sorotan publik usai tertangkap kamera tertawa lepas saat ikut dalam acara Mercedes-Benz SL Club (MBSL). Padahal statusnya sebagai tersangka dan mengaku sedang sakit saat dua kali jalani pemeriksaan sebagai tersangka kasus meme stupa Candi Borobudur.

Dan besok, Jumat (3/8/2022), Polda Metro Jaya menjadwalkan kembali pemeriksaan terhadap Roy Suryo dengan status yang sama yakni sebagai tersangka.

Zulpan menolak untuk berspekulasi terkait penahanan Roy Suryo sebagai tersangka. Namun ia memastikan penyidikan kasus Roy Suryo akan tetap berjalan meski tidak ditahan.

“Ada juga ketentuan yang mengatakan berdasarkan keyakinan penyidik, bisa tidak dilakukan penahanan, tapi kasus berlanjut. Saya hanya ingin menyampaikan informasi bahwa hari Jumat, Polda Metro kembali memanggil Roy Suryo sebagai tersangka,” terang Zulpan.

Zulpan menegaskan pemanggilan tersebut bukan karena viralnya Roy Suryo saat mengikuti kegiatan bersama klub mobil dengan menggunakan penyangga leher.

“Jadi Polri bekerja berdasarkan fakta hukum. Kemudian Polri ini tidak ada terpengaruh dengan berita-berita. Itu tidak ada hubungannya. Jadi kita ini murni penegakan hukum,” paparnya.

Sebelumnya, selama dua kali pemeriksaan sebagai tersangka, Roy Suryo sempat mengalami sakit. Yang pertama keluar dari pemeriksaan dengan sepatu roda dan yang kedua menggunakan penyanggah leher. Namun belum diketahui penyakit yang diderita mantan Menpora ini.

Tersangka ini juga membuat kontroversi dengan terlihat tertawa lepas saat hadir di acara Mercedes-Benz SL Club (MBSL) Indonesia dan menjadi sorotan publik

Penulis: Ahmad Rahmansyah
Editor: Pahala Simanjuntak

Previous articleDengarkan Curhat Mahasiswa Papua, DPD Minta Pemda dan Kemendikbud Siapkan Asrama Khusus
Next articleHumas Kementerian dan Lembaga Tidak Boleh Kalah dengan Buzzer

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here