Pejabat di Kep. Seribu Kerap Mangkir, Warga Desak Anies Beri Sanksi Tegas

Jakarta, PONTAS.ID – Warga mendesak Gubernur DKI Jakarta segera membenahi pelayanan publik di Kabupaten Kepulauan Seribu. Pasalnya, warga DKI Jakarta yang memiliki urusan di Kabupaten Kepulauan Seribu kerap kesal karena pelayanan yang bertele-tele dan memakan waktu yang lama.

Hal ini disampaikan pemerhati pelayanan publik, Andreas Widjojo, merespon keluhan warga Jakarta yang sudah hampir satu bulan mengurus formulir PM1 di Kelurahan Pulau Kelapa untuk kepentingan pengukuran tanah.

“Kalau memang serius mau melayani warga harus segera dibenahi dan diberikan sanksi tegas pagi pegawai maupun pejabat yang lamban pelayanannya,” kata Andreas, kepada PONTAS.id, Minggu (31/7/2022) sore.

Menurut dia, pelayanan publik menjadi indikator utama keberhasilan pemerintah melakukan kewajibannya melayani hak warganya, “Jangan karena jauh dan sulit dipantau dari kota Jakarta, lantas pegawai dan pejabatnya berleha-leha dan hanya melakukan kegiatan untuk kepentingan pribadi saja. Lupa dengan hak warganya,” kata dia.

Sebelumnya, salah seorang warga Jakarta yang bermaksud mengurus pengukuran tanah miliknya di Kecamatan Kepulauan Seribu Utara, mengaku kesal lantaran tidak ada standar atau aturan baku yang jelas.

“Kita tidak tahu apa-apa saja syaratnya yang harus dilengkapi dan landasan hukum yang mengaturnya. Semua dilakukan dengan komunilasi verbal, tanpa ada Perda, Pergub atau aturan lainya yang menjadi standar untuk dipenuhi,” kata warga yang meminta namanya tidak dicantumkan kepada PONTAS.id, pekan lalu.

Selain itu, saat melakukan pengurusan ke Kelurahan Pulau Kelapa, kerap para pejabat kata dia, sedang rapat di pulau lain ataupun di Jakarta, “Tak hanya itu, pejabat yang berwenang mengurusi berkas kami, sering tidak berada di kantor. Ironisnya, tidak ada pejabat pengganti yang ditunjuk,” katanya.

Sebelumnya, dari sumber PONTAS.id di Kelurahan Pulau Kepala, mengaku beberapa pejabat kerap tidak hadir di kantor sesuai jam kerja yang berlaku di Pemprov DKI Jakarta, “Kalau pak Lurah setiap hari selalu hadir dan mengikuti jadwal protokoler yang ada,” kata sumber.

Penulis: Suwarto
Editor: Rahmat Mauliady

Previous articleAntusias Masyarakat Saksikan Pawai Muharam 1444 Hijriah Tumpah Ruah
Next articleSatnarkoba Polres Pasuruan Tangkap Pelaku Penyalahgunaan Narkoba Jenis Sabu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here