Gencarkan Operasi, Satpol PP Jaksel Jaring 211 PMKS

Jakarta, PONTAS.ID – Sejak 6-23 April 2021, Satuan Polisi Pamong Praja Kota Administrasi Jakarta Selatan berhasil menjangkau 211 Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS).

Mereka yang terjaring, mulai dari pengamen, manusia silver, pedagang asongan, Pak Ogah, pengemis, gelandangan/pemulung dan Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ).

“Sebanyak 211 PMKS berhasil terjaring dari seluruh wilayah di Jakarta Selatan. Mereka semua dibawa ke GOR Pasar Minggu untuk didata lebih lanjut dan dibina oleh Suku Dinas Sosial,” ujar Kepala Satpol PP Jakarta Selatan, Ujang Harmawan, melalui SudinKominfotik, Selasa (27/4/2021).

Ujang merincikan, 211 PMKS tersebut terdiri dari 117 pengamen (ondel-ondel, musik gerobak dorong, dan badut cosplay), 10 manusia silver, 19 pedagang asongan, dan lima Pak Ogah. Kemudian, sembilan pengemis, 47 gelandangan/pemulung, dan empat ODGJ atau Orang Dengan Gangguan Jiwa.

“Penjaringan PMKS yang kami lakukan itu dalam rangka Operasi Asih Asuh, untuk menciptakan Jakarta yang aman, nyaman dan tentram dari ketertiban umum,” katanya.

Akhir pekan lalu, SatpolPP Jakarta Selatan juga telah mengamankan 83 titik rawan di 10 kecamatan yang PMKS nya kerap muncul. “Sasarannyayang melanggar peraturan daerah khususnya Perda 8 Tahun 2007 tentang ketertiban umum Provinsi DKI Jakarta,” terang Ujang ketika itu

Ratusan personel Satpol PP diturunkan untuk menjangkau PMKS. “Untuk menghindari kerawanan PMKS terindikasi positif atau tidak kami tetap menjalankan prokes,” katanya.

Penulis: Yos Casa Nova F
Editor: Pahala Simanjuntak

Previous articleSelama Ramadan dan Idulfitri, Stok LPG Dijamin Aman
Next articleKembalikan Fungsi Trotoar, Camat Gambir Bongkar Pospol di AM Sangaji

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here