1602 Guru ASN di Sergai Sisihkan Rezekinya untuk Honorer

Kadisdik Sergai, Joni Walker Manik  didampingi Ketua DP Agus Marwan dan  Korwil Seirampah Riana Sihombing, secara simbolis serahkan bantuan.
Sergai,PONTAS.ID – Berbagi suka dan duka ditengah pandemi Covid19 dan jelang Lebaran,se banyak 1602 guru dari 2300  berstatus Aparatur Sipil Negara (ASN) di Sergai yang telah mendapat sertifikasi secara serentak,gelar aksi sosial memberikan paket bantuan bahan pangan kepada 1603 guru dan tenaga pendidik honorer di Sergai, Rabu (20/5/2020).
Paket bantuan bahan pangan terdiri dari, beras, gula pasir, minyak goreng, dan bubuk teh tersebut, dilakukan dimasing-masing sekolah dikoordinir oleh kepala sekolah setempat. Bahkan,atas inisiatif Kepala Sekolah SMP Negeri 3 Tanjung Beringin,Sunardi bersama Guru ASN lainnya memberikan tambahan uang sebagai dana pembeli bumbu kepada Guru Honor,Penjaga Sekolah dan Dhuafa yang berdomisili disekitar sekolah SMP Negeri 3 Tanjung Beringin.
Kegiatan pemberian bantuan pangan ini dilaksanakan secara serentak,untuk itu Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Sergai, Joni Walker bersama Ketua Dewan Pendidikan (DP) Agus Marwan dan Sekretaris DP Abdul Firman Kursin didampingi Kabid Pembinaan SD Sugianto, Kabid Pembinaan SMP Sujarwo dan Kabid PTK Pujiono,  berkesempatan meninjau pelaksanaan kegiatan tersebut di beberapa sekolah antara lain, di  SDN Nomor 102041 Desa Firdaus Kecamatan Seirampah, SMPN 4 dan SMPN 3 Tanjungberingin.
Kordinator Wilayah (Korwil) yang juga Kepala Sekolah SD Negeri 102041, Riyana br Sihombing dalam sambutan nya mengatakan,”apa yang kami kerjak kan selaku Guru ASN ini kami rasa masih belum seberapa,sekalipun dikatakan baik tapi kita tak merasa risih walaupun ada yang mengatakan tidak baik. Membantu sesama profesi itu adalah kewajiban,selagi tidak menyalahi aturan”,tegas Boru Hombing.
Kadisdik Joni Walker Manik disela peninjauan pelaksanaan kegiatan di SMPN 3 Tanjungberingin mengatakan, pihaknya hanya menginisiasi para guru yang sudah berstatus ASN/PNS, teruta ma yang telah bersertifikasi, agar secara ikhlas mau menyisihkan sebahagian kecil dari Tunjangan Penghasilan Guru (TPG) yang diterima untuk membantu rekan sesama guru yang masih bersta tus honor yang ada di sekolah masing-masing.
Ternyata, imbauan tersebut disambut baik dan ditindaklanjuti oleh para kepala sekolah dan guru PNS yang telah menerima tunjangan sertifikasi, walaupun ada sekitar lima ratusan lebih Guru ASN absen dalam hal ini,tidak menghalangi pelaksanaan bantuan secara serentak di seluruh sekolah negeri yang ada di Sergai, baik SD Negeri maupun SMP Negeri.
Sesuai laporan yang diterima, lanjut Joni Walker, dari sekitar 2.300 guru PNS bersertifikasi yang ada di Sergai, 1.602 diantaranya ikut berpartisipasi memberikan sumbangsih, guna  membantu 2.019 orang guru honor.
 Dan yang paling luar biasa, kata Joni, ada juga pegawai sekolah berstatus PNS yang menyisihkan penghasilannya, untuk ikut berkontribusi dalam kegiatan ini.
“Secara keseluruhan, jumlah beras yang dibagikan pada hari ini sebanyak 12,9 ton, gula pasir 2,254 ton dan 3,437 ton minyak goreng. Alhamdulillah, inilah kehebatan guru-guru di Sergai, saling berbagi dengan sesama saudaranya. Mudah-mudahan, kebersamaan yang telah kita bina selama ini, dapat terus berlangsung lebih baik lagi ke depannya,” ucap Joni dengan rasa haru.
Dalam kesempatan itu,Kadisdik Sergai,mengucapkan terima kasih kepada para guru PNS yang secara ikhlas mau menyisihkan sebahagian dari TPG yang diterima untuk membantu para guru honor. Dan kepada kepada para guru PNS yang belum ikut berkontribusi dalam kegiatan hari ini, Joni mengatakan tidak ada masalah.
“Kegiatan ini sifatnya gerakan moral yang hanya bermodalkan rasa kebersamaan disertai keilkhlasan semata, dan bukan paksaan. Jadi tidak masalah kalaupun tidak ikut berpartisi pasi,” tegas Joni Walker Manik.
Terpisah, Kepala SMPN 3 Tanjungberingin, Sunardi ketika ditanya soal bantuan ini menyampaikan, personel di SMPN 3 Tanjungberingin berjumlah 33 orang terdiri dari, 26 tenaga pendidik (guru), 15 diantaranya berstatus PNS dan 11 lainnya honorer.  Sedangkan tenaga kependidikan (pegawai) berjumlah 7 orang, 1 diantaranya berstatus PNS dan 6 lainnya honorer. Sehingga, total personel berstatus PNS sebanyak 16 orang dan 17 orang honorer.
“Pembagian paket bantuan bahan pangan ini merupakan wujud kepedulian guru dan pegawai yang berstatus PNS, terutama guru besertifikasi, kepada guru dan pegawai honorer,” ujar Sunardi.
Dikatakannya, pembagian bantuan bahan pangan yang bertepatan dengan momen Lebaran ini, rutin dilaksanakan setiap tahun sejak tahun 2010. Untuk Lebaran tahun ini, guru bersertifikasi di SMPN 3 Tanjungberingin  mampu mengumpulkan sumbangan sebesar Rp.4,7 juta dan telah dibelanjakan bahan pangan untuk dibagikan kepada 17 guru dan pegawai honorer, ditambah 8 orang pengelola kantin dan kaum dhuafa di sekitar sekolah.
Bantuan yang diberikan tidak hanya dalam bentuk bahan pangan, namun atas kesepakatan bersama teman-teman guru, pihaknya juga memberikan paket lebaran berupa, sirup dan roti kaleng, yang sudah dibagikan terlebih dahulu sekitar satu minggu yang lalu.
“Kami berterima kasih Kepada Kadis  Pendidikan Kabupaten Sergai, Bapak  Joni Walker Manik  beserta jajaran, atas  bimbingan dan motivasi, sekaligus harapan yang disampaikan kepada kami agar tetap menjalin rasa kebersamaan dan persaudaraan. Semoga ke depannya, kami mampu untuk berbuat lebih baik lagi,” pungkas Sunardi.
Penulis: Andy Ebiet
Editor: Idul HM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here