Betonisasi Retak Sana-sini, Kasudin: Ganti atau Tak Dibayar!

Jakarta, PONTAS.ID – Wali Kota Jakarta Utara, Sigit Wijatmoko bakal melakukan pengecekan dan menindak lanjuti informasi proyek peningkatan jalan dengan betonisasi yang mengalami keretakan.

“Siap kami cek dan tindak lanjuti, terima kasih informasinya,” kata Walikota Jakarta Utara menaggapi informasi adanya keretakan pada proyek betonisasi jalan oleh kontraktor di wilayah Jakarta Utara.

Senada juga ditegaskan, Kepala Suku Dinas Bina Marga, Jakarta Utara, Bernhard Gultom bahwa pihaknya bakal meminta kontraktor mengganti sesuai spesifikaso terhadap betonisasi dalam program peningkatan Jalan di Wilayah Jakarta Utara yang mengalami keretakan serta terhadap kualitas beton yang tak sesuai dalam perjanjian kontrak.

“Kita cek dan uji, apa kualitas betonnya sudah sesuai atau belum. Jika tak sesuai harus diganti dengan yang sesuai spek atau tidak dibayar. Saat ini pengecekkan sedang dalam proses,” tegas Bernhard, menjawab PONTAS.id, Rabu (23/10/2019).

Diberitakan sebelumnya, salah satu proyek betonisasi Sudin Bina Marga Jakarta Utara, seperti di Jl. Swasembada Barat XVI, Kelurahan Keon Bawang, Kecamatarn Tanjung Priok, tampak jalan hasil betonisasi tersebut retak di sana-sini.

Terpantau, tingkat retakan yang cukup dalam dan memanjang dari sisi kiri ke sisi ke kanan terdapat sebanyak 9 titik di sepanjang jalan yang baru dikerjakan tersebut, pada Sabtu (19/10/2019) sore.

Padahal, terkait mutu beton, Kejaksaan beberapa waktu lalu telah menangkap dan menetapkantersangka terhadap IK selaku PPK (Pejabat Pembuat Komitmen) dan R alias RS yang merupakan Direktur Utama PT. PIM selaku kontraktor salah satu proyek di wilayah Papua Barat.

“Karena PT. PIM telah menerima pembayaran 100 persen atas persetujuan dari PPK, namun dalam perjalanan waktu ditemukan adanya pekerjaan yang tidak sesuai antara volume dan kualitas pekerjaannya,” kata Kapuspenkum Kejaksaan Agung, Mukri dalam keterangan tertulisnya yang diterima PONTAS.id, Selasa (8/10/2019) lalu.

Penulis: Edi Prayitno
Editor: Hendrik JS

Previous articleSemangat Perkokoh Persatuan dan Regenerasi dari Kabinet Baru
Next articlePemkab Tangerang Kembali Realisasikan Sanitren di 150 Ponpes

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here