Pemkab Tangerang Kembali Realisasikan Sanitren di 150 Ponpes

Tigaraksa, PONTAS.ID – Sebanyak 150 pondok pesantren Penerima Manfaat Bantuan Program Sanitasi Berbasis Pesantren (Sanitren) di Kabupaten Tangerang Tahun 2019 menerima bantuan dari Bupati Tangerang A. Zaki Iskandar, di Gedung Serba Guna (GSG) Kabupaten Tangerang. Rabu. (23/10/2019).

Program Sanitren ini merupakan program unggulan Pemerintah Kabupaten Tangerang yang dituangkan dalam RPJMD tahun 2019-2023. Program ini membangun fasilitas sanitasi di Pondok Pesantren berupa kamar mandi, toilet, tempat mencuci santri dan lainnya.

Bupati Tangerang A Zaki Iskandar mengatakan, dengan melaksanakan program ini, tentunya kita membutuhkan partisipasi dan peran aktif dari kita semua sehingga tujuan dan sasaran pembangunan Kabupaten Tangerang, “Yang muaranya kepada peningkatan kualitas pelayanan umum di bidang sanitasi dan air bersih dapat sama-sama kita wujudkan di Kabupaten Tangerang,” kata Zaki.

“Saya berharap fasilitas ini dapat terus dijaga dan terpelihara agar dapat terus memberikan banyak manfaat kepada santri-santri calon generasi penerus kita. Sehingga pada akhirnya apa yang menjadi harapan dan cita-cita kita semua sesuai dengan visi dan misi pemerintah dapat tercapai sesuai dengan harapan kita semua,” ucap Zaki

Sementara itu, Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten Tangerang, Badri Hasun mengapresiasi Bupati yang telah memberikan bantuan Sanitren kepada ponpes di Kabupaten Tangerang.

“Ini semua terlaksana karna kita semua ini sangat solid dalam merumuskan kebijakan pembangunan Sanitren ini dari tahap perencanaan sampai dengan proses pelaksanaannya. Semoga pembangunan sanitasi ini menjadikan santri dan santriwati lebih bersemangat lagi

dalam belajar dan bisa membangun Kabupaten Tangerang lebih religius lagi,” kata Badri
Dalam kesempatan tersebut, Erwin Mawandi, Kepala Bidang Prasarana Wilayah Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Tangerang menambahkan bahwa target Sanitren ini sebanyak 829 Ponpes yang akan dibangun oleh Pemkab Tangerang.

Pada tahun 2018 sudah membangun Sanitren di 46 Ponpes, dan Tahun 2019 ini dibangun 150 Sanitren dengan target akhir pada tahun 2022 untuk seluruh pondok Pesantren.

“Semoga dengan melalui program Sanitren ini dapat meningkatkan kualitas belajar-mengajar yang diselenggarakan oleh Pondok Pesantren. Insya Allah program ini akan terus kami ditingkatkan,” ucap Erwin.

Penulis: Liston Simarmata
Editor: Hendrik JS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here