Bahas Kampung Bandan, Anies Bakal Temui PT KAI

Gubernur DKI Anies Baswedan saat meninjau lokasi kebakaran di wilayah Kampung Bandan, Ancol, Jakarta Utara, Minggu (12/5/2019)

Jakarta, PONTAS.ID – Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan telah melakukan meninjau lokasi kebakaran di wilayah Kampung Bandan, Ancol, Jakarta Utara. Selain mendata jumlah kerugian dan warga yang terdampak, dalam peninjauan itu, Anies sekaligus juga memastikan kebutuhan korban akan dipenuhi dengan baik.

Dalam kesempatan tersebut, Anies berjanji akan menemui PT Kereta Api Indonesia (KAI) guna membahas kemungkinan penataan ulang pemukiman yang terbakar tersebut.

“Hari Senin atau Selasa kami akan bicara dengan PT KAI yang secara resmi memiliki banyak lahan di tempat ini (Kampung Bandan),” katanya, Minggu (12/5/2019).

Ia menuturkan hasil pembicaraan dengan KAI nantinya akan menentukan langkah yang diambil Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI terkait nasib lahan Kampung Bandan. Yang jelas, kata Anies, warga korban kebakaran sementara ini tinggal di tenda pengungsian.

“Sekarang warga masih pakai tenda dulu sambil nanti kami bicara dengan KAI tentang rencana wilayah ini, sekaligus rencana untuk masyarakat yang menjadi korban,” katanya.

Terkait korban kebakaran, Anies mengatakan, telah menyiapkan sejumlah tenda pengungsian.

Ia melanjutkan, selain posko pengungsian, di lokasi juga sudah ada tim praktisi dan para pegiat kesehatan untuk membantu warga yang terluka atau menderita gangguan pernapasan.

“Anak-anak sekolah juga sudah langsung disiapkan baju seragam dan buku. Mereka semua dijamin untuk bisa meneruskan sekolah tanpa gangguan,” ungkapnya.

Anies juga mengimbau warga korban kebakaran untuk aktif melaporkan dokumen-dokumen administrasi yang hilang atau terbakar. Hal tersebut diperlukan agar Pemprov DKI Jakarta dapat segera menyiapkan dokumen penggantinya.

“Kita akan bantu meringankan beban mereka di sini,” tandasnya.‎

Penulis: Suwarto
Editor: Pahala Simanjuntak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here