Anies Tak Permasalahkan Pemilihan Cawagub DKI Tersendat di DPRD

Jakarta, PONTAS.ID – Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengaku tak mempermasalahkan proses pemilihan calon wakil gubernur (cawagub) DKI yang hingga saat ini masih tersendat di tangan para anggota DPRD DKI.

Anies hanya bisa berharap proses pemilihan calon pendampingnya tersebut tidak berlangsung lama. Saat ini, dirinya masih menunggu DPRD DKI membentuk tim panitia seleksi (pansel), yang kemudian akan membuat tata tertib untuk mengatur mekanisme pemilihan.

“Bukan molor. Kan memang prosedurnya harus ada tata tertib yang harus ditetapkan dulu,” kata Anies saat ditemui oleh wartawan di Balai Kota DKI, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat (Jakpus), Selasa (12/3/2019).

Anies menepis jika proses pemilihan orang nomor dua di Jakarta itu berkaitan dengan pemilihan presiden (pilpres) yang akan diselenggarakan pada 17 April mendatang. Dia justru berharap proses pemilihan wakil gubernur bisa berlangsung lebih cepat.

“Sebaiknya lebih cepat lebih baik. Bukan sebelum atau sesudah pilpres. Enggak ada hubungannya sama itu (pilpres atau pileg). Pemilu dirasakan oleh seluruh rakyat. Tapi di sini, berharap Jakarta akan lebih baik,” ujarnya.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) ini pun memberi contoh tindakan yang dia lakukan, setelah menerima surat rekomendasi dua nama cawagub DKI beberapa waktu lalu. Tanpa pikir panjang, dia langsung mengirim surat ke DPRD DKI.

“Nah karena itulah tentu kita semua warga Jakarta juga berharap ini segera selesai. Saya pun begitu terima surat sudah bilang tuh, begitu terima surat saya langsung antar. Suratnya datang Jumat, hari Senin udah sampai di DPRD pengantar saya,” tutur Anies.

Ketika ditanyakan perihal prediksi apakah pihak DPRD DKI akan memilih satu dari dua nama kandidat cawagub yang diberikan partai politik (parpol) pengusung, atau justru akan ada nama lain, Anies tak mau buru-buru menyimpulkan. Baginya, saat ini proses masih berjalan di DPRD.

“Jangan buru-buru dong, belum paripurnanya. Kita tunggu, kita hormati dewan. Sekarang sedang proses penyusunan semacam panitia, sesudah itu nanti ditetapkan tata tertib pemilihan. Setelah ada tatib, baru mulai pelaksanaan pemilihannya. Jadi kita ikuti prosesnya. Belum sampai ke situ (tidak ada wakil terpilih),” tukas Anies.

Editor: Risman Septian

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here