Sebelum Revitalisasi Monas, Pemprov DKI Sempurnakan Desain Pemenang Sayembara

Jakarta, PONTAS.ID – Sebelum melaksanakan proses revitalisasi kawasan Monumen Nasional (Monas), pihak Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta bakal terlebih dahulu melakukan penyempurnaan terhadap desain yang didapat dari pemenang sayembara desain Monas.

Demikian disampaikan oleh Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya (Disparbud) DKI Jakarta, Asiantoro. Dia lantas menjelaskan, bahwa sebenarnya tidak ada pihak yang tidak setuju dengan desain. Namun, memang ada hal-hal yang mesti disesuaikan dengan pihak juri.

“Sekarang disempurnakan, jadi pemenangnya disempurnakan selama satu bulan ini.  Ke depannya,  begitu sudah sempurna sama dewan juri disiapkan untuk dilelang pekerjaannya,” kata Asiantoro saat dikonfirmasi oleh wartawan dari Jakarta, Selasa (5/2/2019).

Untuk eksekusi dalam revitalisasi, Asiantoro pun belum bisa memastikan hingga proses penyempurnaan desain selesai. Namun yang jelas, desain untuk kawasan Medan Merdeka sudah terselesaikan.

Walaupun desain interior kawasan Medan Merdeka sudah jadi, Asiantoro juga akan mempersiapkan seluruh aspek. Baik dari perizinan maupun lelang, begitupula dengan pembangunan oleh Dinas Cipta Karya, Tata Ruang dan Pertanahan (Citata) DKI Jakarta.

“Makanya pemenang kan sudah terpilih. Nah juri-juri merevisi lagi konsepnya dia, baru nanti di lelang tuh sama citata. Jadi nanti pelaksanaannya citata,” ujarnya.

Sebelumnya, Pemprov DKI telah mengumumkan pemenang sayembara Desain Tapak Kawasan Medan Merdeka dan Interior Tugu Monas, yang ada di Jakarta Pusat (Jakpus). Sayembara ini merupakan bagian dari proses revitalisasi yang akan dilaksanakan pemprov.

Gubernur DKI, Anies Baswedan mengatakan bahwa penentuan pemenang sayembara berlangsung ketat karena peserta dituntut memberikan paparan desain mereka di hadapan dewan juri, termasuk dirinya.

Anies mengakui karya-karya peserta memberikan banyak perspektif mengenai kawasan Medan Merdeka dan Monas di masa depan.

“Sebagai dewan juri, saya mengalami banyak sekali pengalaman unik di mana saya belajar banyak dari desain teman-teman semua,” ujar Anies usai penjurian di Gedung Balai Kota DKI, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakpus, Selasa (29/1/2019).

Anies menambahkan, pengumuman pemenang ini merupakan babak awal untuk proses revitalisasi Kawasan Medan Merdeka dan Monas. Pemprov memang berkeinginan agar dua tempat ini lebih optimal pemanfaatannya.

“Insyaallah akan membawa perubahan untuk Monas yang kita banggakan,” ujar mantan menteri pendidikan dan kebudayaan ini.

Ketua Dewan Juri Sayembara Desain Kawasan Medan Merdeka dan Desain Interior Tugu Nasional Gatot Ghautama menjelaskan, desain pemenang harus memenuhi Kerangka Acuan Kerja (KAK) Kawasan Monas untuk diterapkan, antara lain ruang komprehensi, eksplorasi, kontemplasi, dan interaktif.

Sayembara dibuka sejak Desember 2018 dan diikuti oleh para profesional di bidang arsitek dan interior yang berjumlah 26 tim. Setelah melakukan penjurian ketat, akhirnya diumumkan enam tim pemenang sayembara tersebut. Berikut daftar juaranya.

Sayembara Desain Tapak Kawasan Medan Merdeka:

  1. Pemenang Pertama: Tim Nelly Lolita
  2. Pemenang Kedua: Tim Achmad Tardiyana
  3. Pemenang Ketiga: Tim Gregorius Supie Yolodi

Sayembara Desain Interior Tugu Monas:

  1. Pemenang Pertama: Tim Mei Mumpuni
  2. Pemenang Kedua: Marya Rasantina
  3. Pemenang Ketiga: Yudhistira.

Editor: Risman Septian

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here