Anies Baswedan Pimpin Kegiatan Pembersihan Area SUGBK

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

Jakarta, PONTAS.ID – Menjelang penyelenggaraan Asian Games 2018 yang tinggal dua pekan lagi, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta pada Senin (30/7/2018) pagi menggelar apel kebersihan trotoar di kawasan Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK).

Kegiatan apel kebersihan tersebut dipimpin oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, dan dihadiri oleh Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Teguh Hendrawan, Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Isnawa Adji, serta Wali Kota Jakarta Pusat Bayu Megantara.

Dalam kesempatan itu, Anies meminta kepada semua jajaran Pemprov DKI untuk serius menyiapkan diri jelang Asian Games 2018. Khusus untuk petugas kebersihan, dia meminta agar standar kebersihan GBK ditingkatkan supaya layak di mata internasional.

“Kita disini bukan sekedar bersih-bersih, tetapi mewakili Indonesia di mata dunia. Semua jajaran diharap saling bersinergi, saling bekerjasama. Meski bukan tugas, kalau anda melihat sesuatu yang rusak, laporkan. Kita semua mewakili bangsa dan negara,” kata Anies.

Kegiatan pembersihan yang bertajuk ‘Grebek Kebersihan Sudirman-Thamrin Area GBK’ ini merupakan upaya pembersihan yang dilakukan oleh Manajemen Pusat Pengelolaan Komplek Gelora Bung Karno (PPKGBK) yang didukung oleh Pemprov DKI Jakarta.

“Hari ini kita mulai memastikan bahwa area GBK bersih, rapih dan terbebas dari segala macam sisa-sisa proyek hingga sampah makanan yang tertinggal. Ini tanda bahwa Jakarta, Indonesia sungguh-sungguh siap menjadi tuan rumah Asian Games 2018,” tambahnya.

Sebanyak 1.150 petugas gabungan dikerahkan, terdiri dari Dinas Lingkungan Hidup 450 personel, SDA DKI 200 personel, Dinas Kehutanan DKI 100 personel, PPKGBK 200 personel, ISS 100 pesonel, dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) 100 personel.

Lebih lanjut dia pun meminta kepada seluruh petugas, agar memiliki tanggung jawab yang besar, dan jangan sampai lepas tangan apabila melihat masalah. Para petugas, tegasnya, harus selalu kerjasama. Meski beda instansi penugasannya, tapi tujuannya tetap sama.

“Alhamdulillah venue di DKI sudah siap dan kita ingin menjaga dalam hal pembersihan. Kita akan terus ada di sini (area GBK) untuk membantu selama Asian Games 2018 berlangsung hingga tuntas. Kita ingin area GBK punya standar kebersihan yang tinggi,” ujarnya.

Seperti diketahui, GBK akan menjadi tempat untuk menyambut para tamu negara, baik atlet, official, wartawan dan wisatawan dari mancanegara khususnya pada saat berlangsungnya Asian Games yang akan berlangsung pada 18 Agustus hingga 2 September 2018.

Seusai apel, para petugas langsung bergerak menyusuri area GBK untuk mengambil sampah-sampah. Pembagian kawasan pembersihan pun dibagi menjadi lima zona, dan masing-masing zona dibersihkan secara simultan.

Editor: Risman Septian

Previous articleSBY Restui Prabowo Maju Nyapres
Next articlePDIP Tak Persoalkan Rekomendasi Ijtima Ulama Capreskan Prabowo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here